You are here
Home > Berita Cabang > 108 Pramuka Siaga Tata Ikuti Ujian Golongan Garuda

108 Pramuka Siaga Tata Ikuti Ujian Golongan Garuda

PRAMUKANEWS.COM | Purwokerto : 108 Pramuka Siaga Tata Ikuti Ujian Golongan Garuda

 

Jurnal

Mencapai tingkatan tertinggi Pramuka, yaitu Pramuka Garuda sungguh tidak mudah. Karena seorang anggota gerakan pramuka sudah harus mencapai tingkat paling atas di golongannya. Pramuka Siaga (usia 7-10 tahun), harus melewati siaga mula dan siaga bantu, baru mencapai siaga tata. Pramuka siaga tata inilah yang dapat mengikuti ujian Pramuka Garuda.

Sekretaris Bidang Bina Muda Kwarcab Banyumas Handoko mengatakan atas usulan dari Kwarran untuk pengujian Pramuka Garuda Golongan Siaga dilaksanakan Sabtu (19/1/2019) di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas. Kegiatan diikuti 108 pramuka siaga dari 27 Kwarran.

Menurutnya pramuka siaga baru bisa ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika dia telah memenuhi syarat-syarat antara lain telah dapat menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) tingkat siaga tata, telah memiliki TKK (Tanda Kecakapan Khusus) untuk Pramuka Siaga, bisa menunjukan hasta karya buatannya sendiri, pernah mengikuti kegiatan siaga, dapat membuktikan bahwa dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur, apat pula menunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya.

“Mereka disini diuji ulang dan melakukan wawancara,” katanya

Handoko menambahkan penguji Pramuka golongan siaga pun lebih luas, kalau biasanya hanya dari lingkungan pangkalan atau gugus depan (Gudep) Pramuka bersangkutan, maka untuk mencapai Pramuka Garuda, pihak pengujinya pelatih Kwartir Cabang dan terkadang melibatkan pula tokoh masyarakat maupun mereka yang benar-benar menguasai suatu keterampilan atau ilmu tertentu.

“Itulah sebabnya, dari sekian banyak anggota Gerakan Pramuka, hanya sedikit yang bisa mencapai tingkatan tertinggi sebagai Pramuka Garuda,” tambahnya.

Bagi anak didik yang lulus uji nya, akan dilantik menjadi Pramuka Garuda pada akhir Februari atu awal Maret.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top