You are here
Home > Berita Ranting > PELANTIKAN MABIRAN DAN LPK XIII KOTO KAMPAR MASA BAKTI 2018-2021

PELANTIKAN MABIRAN DAN LPK XIII KOTO KAMPAR MASA BAKTI 2018-2021

PRAMUKANEWS.COM | Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kampar Yuyun Hidayat, ST. M.Sc melantik dan mengukuhkan Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Kecamatan XIII Koto Kampar dan Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka XIII Koto Kampar masa bhakti 2018-2021.

Kegiatan yang diselenggarakan di Stadion Mini Danau Rusa kecamatan XIII Koto Kampar Kamis, (17/01) ini menetapkan Camat XIII Koto Kampar, Rahmat Fajri selaku Ketua Mabiran Gerakan Pramuka XIII Koto Kampar dan Ali Basyah selaku Ketua Kwarran Gerakan Pramuka XIII Koto Kampar.

Dalam sambutannya, Rahmat Fajri bertekat untuk menjalankan amanah undang-undang nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka di Kecamatan Sangasanga. Menurutnya, para pemuda dan siswa harus bisa memanfaatkan waktu dengan hal-hal positif dan bermanfaat untuk lingkungannya.

”Selaku majelis pembimbing, kami akan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh. Kami akan berusaha senantiasa untuk meningkatkan dan memajukan gerakan Pramuka di XIII Koto Kampar, kami juga berharap kegiatan di Kecamatan XIII Koto Kampar bukan hanya berkemah dan serimonial akan tetapi penuh dengan kegiatan lainnya yang bermanfaat akan tetapi bisa ambil bagian dalam karya nyata dilingkungannya. Kami juga akan berusaha agar gerakan pramuka menjadi pilihan utama bagi pemuda dan siswa dalam kegiatannya sehingga mereka memiliki waktu yang lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Semantara itu, dalam sambutannya nya Ka.Kwarcab Kampar Yuyun Hidayat, ST. M.Sc menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka adalah organisasi yang mencakup semua aspek baik di bidang belanegara kesahatan dan sebainya. Akan tetapi hal ini bisa terwujud jika pembina di gugus depan dapat berpartispasi dalam menjalan hal tersub denag mengikuti Kursus Pembina Hair Dasar (KMD).

“Anggaran tahun ini dari pengurus Kwarcab Kampar ada dana yang di khususkan untuk melaksanakan pelatihan KMD agar pembina dan kamabigus yang ada di gugus depan bisa menjadi pembina dan Kamabigus telah KMd dan nantinya dapat mendidik pesertanya agar lebih baik dan berkerakater serta tahu tentang gerakan Pramuka” Ujarnya.

Yuyun Hidayat, ST., M.Sc berpesan kepada pengurus ditingkat Kwarran untuk memperkuat yang berkaitan dengan struktur organisasi, lebih meningkatkan gugus depan yang sudah ada, dan membentuk Satuan Karya (Saka). Hal yang terpenting disampaikan adalah tidak ada tawar-menawar lagi kegiatan kepramukaan di sekolah. Ini adalah mandat, amanah dan aturan. Bagaimana kepala sekolah memanajemeni hal ini, bagaimana niat dan kemauan kepala sekolah.

”Kami di tingkat Kabupaten saat ini merancang tubuh yang salah satunya ukuran kinerja kepala sekolah, dilihat dari sejauh mana yang bersangkutan melakukan pembinaan Gerakan Pramuka disekolahnya. Jadi tidak ada lagi, ada siswa maupun guru-guru yang terlibat di kepramukaan yang ingin mengikuti kursus-kursus dan teknis-teknis kepramukaan tidak diizinkan oleh kepala sekolah. Jika masih ada, maka kepala sekolah tersebut melanggar mandat, amanah dan aturan yang ada” tegasnya.

Selain itu pengurus Kwarcab Kampar juga akan memprogramkan pengetahuan teknologi dan Kewirarausahan kepada pembina Gugusdepan yang ikut dalam pelatiham KMD nantinya.

“Didalam KMD nanti kakak pembina akan diajar bagaimana menggunakan teknologi dan kewirausahaan agar bisa menjadi pembina yang tangguh dan tahu tentang perkembangan zaman di dunia kepramukaan dan nantinya bisa ngetahui bagaimana menggunakan teklogi sekarabg ini” tutupnya.

ADLAL HIDAYAT -18048

Top