You are here
Home > Berita Gudep > PRAMUKA IAIN PEKALONGAN ADAKAN UPGRADING DAN PELANTIKAN PENGURUS DEWAN RACANA TAHUN 2019

PRAMUKA IAIN PEKALONGAN ADAKAN UPGRADING DAN PELANTIKAN PENGURUS DEWAN RACANA TAHUN 2019

PRAMUKANEWS | Dalam rangka mempersiapkan kaderisasi estafet kepemimpinan pengurus Dewan Racana IAIN Pekalongan, Gugus Depan Pramuka 04.137 – 04.138 berpangkalan di IAIN Pekalongan menyelenggarakan Musyawarah Pandega (Musdega) ke-XX pada akhir Desember 2018 yang dilanjutkan dengan pelantikan terkai hasil keputusan struktur pengurus Dewan Racana Kusuma Bangsa dan Dewan Racana Dewi Kusuma Bangsa untuk periode Tahun 2019 (13/01/2019).

Sebelumnya, amanah Pengurus Dewan Racana Tahun 2018 diemban oleh Kak Rudy Priyo Digjoyo sebagai Ketua Dewan Racana Kusuma Bangsa dan Kak Kholilah sebagai Ketua Dewan Racana Dewi Kusuma Bangsa. Selanjutkan kepemimpinan Dewan Racana diestafetkan kepada Kak Aru Maulana sebagai Ketua Dewan Racana Kusuma Bangsa dan Kak Nikmatul Muftikhah sebagai Ketua Dewan Racana Dewi Kusuma Bangsa periode Tahun 2019.

Selain Ketua Dewan Racana, juga dilantik pula Komandan Korps Instruktur Racana Periode 2019 yang diamanahkan kepada Kak Bayu Dwi Prayoga. Serta sebagai Pemangku Adat Putra adalah Kak Rudy Priyo Digjoyo dan sebagai Pemangku Adat Putri adalah Kak Kholilah yang masing-masing sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Racana.

Kak Aru Maulana yang merupakan Ketua Dewan Racana Kusuma Bangsa IAIN Pekalongan Periode 2019 saat dihubungi Jurnalis PramukaNews menyampaikan bahwa harapan pada kepengurusan tahun ini adalah bisa melakukan penguatan kepada para anggota untuk dapat lebih mengembangkan kecakapan dan bakat yang dimiliki oleh setiap anggota racana.

“Saya berharap pada kepengurusan tahun ini (2019-red) adalah bisa melakukan penguatan kepada para anggota dan bisa mengembangkan kecakapan dan bakat yang dimiliki oleh setiap anggota Racana,” ujar Kak Aru Maulana.

Pada kegiatan Upgrading Dewan Racana Periode 2019 yang diselenggarakan sebelum pelaksanaan pelantikan pengurus Dewan Racana (12/01/2019) bertempat di lingkungan IAIN Pekalongan, berisikan kegiatan penyampaian materi sebagai bekal pengetahuan dalam mempimpin kepengurusan Dewan Racana ke depan. Materi yang diberikan meliputi problem solving, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Pengelolaan Organisasi, Leadership dan Achievements Motivation Training.

Selain itu, Kak Jauhar Ali, M.Pd.I. selaku Pembina Pramuka di IAIN Pekalongan saat dihubungi Jurnalis PramukaNews menyampaikan pesannya kepada Pengurus Dewan Racana Periode 2019, bahwa “Harapan saya semoga bisa amanah dan menjadi pengurus yang lebih baik dari sebelumnya, serta menjiwai semangat Scout Today Leader Tomorrow.”

[M. AMHAR AZET | 18053]

Top