You are here
Home > Berita Gudep > KEMAH AKTUALISASI KEPRAMUKAAN III SMA N 1 KEDUNGWUNI DIISI DENGAN PELANTIKAN LAKSANA

KEMAH AKTUALISASI KEPRAMUKAAN III SMA N 1 KEDUNGWUNI DIISI DENGAN PELANTIKAN LAKSANA

PRAMUKANEWS | Gugus Depan 13.127-13.128 SMA N 1 Kedungwuni pada tanggal 11 s.d. 12 Januari 2019 menyelenggarakan kegiatan Kemah Aktualisasi Kepramukaan III Tahap 2 Tahun 2019. Kegiatan yang diselenggarakan dilingkungan SMA N 1 Kedungwuni ini diikuti oleh Pengurus dan Anggota Dewan Ambalan Diponegoro dan Dewan Ambalan RA Kartini pangkalan SMA N 1 Kedungwuni.

Kegiatan Kemah Aktualisasi Kepramukaan di SMA N 1 Kedungwuni merupakan serangkaian kegiatan khusus bagi implementasi nilai-nilai kepramukaan bagi setiap peserta didik, khususnya bagi peserta didik yang memilih ekstrakulikuler kepramukaan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib.

Pada kegiatan ini, sebanyak 28 Pramuka Penegak Bantara berhasil menjalani prosesi kenaikan tingkat menjadi Pramuka Penegak Laksana. Sebelum pelantikan, kegiatan dimulai dengan pengembaraan penegak untuk melengkapi Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Laksana, serta diadakan Uji Syarat Kecakapan Khusus (SKK) wajib yang berlaku di Gugus Depan 13.127-13.128 SMA N 1 Kedungwuni.

“Pengembaraan dilaksanakan di sekitar Kecamatan Kedungwuni yang dilakukan dari siang sampai dengan malam hari, lalu dilanjutkan dengan pendirian tenda oleh peserta kegiatan,” ujar Kak Nurul Lutfiyah, salah satu sangga kerja kegiatan saat dihubungi PramukaNews.

Kemah Aktualisasi Kepramukaan III Tahap 2 di SMA N 1 Kedungwuni merupakan upaya SMA N 1 Kedungwuni dalam menyelenggarakan pendidikan kepramukaan melalui ekstrakurikuler dengan menerapkan sistem aktualisasi yang merupakan bentuk kegiatan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan dengan mengaktualisasikan kompetensi dasar mata pelajaran yang relevan dengan metode dan prinsip dasar kepramukaan sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Diharapkan bagi peserta didik yang telah mencapai Penegak Laksana, dapat terus meningkatkan kecakapannya dan mempersiapkan diri menjadi Pramuka Garuda,” pesan Kak Yayah selaku Pembina Gugus Depan di SMA N 1 Kedungwuni pada DPRK-31.

Pencapaian dari pelaksanaan kegiatan Kemah Aktualisasi Kepramukaan III Tahap 2 di SMA N 1 Kedungwuni ini adalah pemenuhan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) sebagaimana pola dan mekanisme pembinaan pramuka penegak yang berlaku di Gerakan Pramuka.

[M. AMHAR AZET | 18053]

Top