You are here
Home > Berita Cabang > KEGIATAN GLADIAN PIMPINAN SANGGA CABANG PASER

KEGIATAN GLADIAN PIMPINAN SANGGA CABANG PASER

PRAMUKANEWS | Gladian Pimpinan Sangga atau yang biasa disingkat dengan Dianpinsa telah sukses dilaksanakan pada Kamis (20/12/2018) hingga Sabtu (22/12/2018). Kegiatan untuk mendidik dan melatih Pradana, Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa) ini dilaksanakan di Sekretariat Cabang Paser. Kegiatan Dianpinsa yang dibuka oleh Kak Syahruddin Yahya selaku Ketua Kwarcab Paser itu diikuti oleh kurang lebih 47 Pramuka Penegak di Kabupaten Paser.

Diadakannya Kegiatan Dianpinsa ini tak lain bertujuan untuk membentuk kader Pramuka yang berwawasan leadership, membentuk kader pemimpin Pramuka yang disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab serta untuk mempersiapkan kader-kader Pramuka yang siap bertarung pada lomba-lomba dan event-event kepramukaan.

Selama kegiatan ini, ada beberapa materi yang disampaikan seperti tata cara Musyawarah Ambalan, membentuk Ambalan, administrasi Ambalan, Dewan Ambalan, Dewan Kehormatan, ditambah membuat Sandi Ambalan, Adat Ambalan, serta beberapakali melakukan Praktek Sidang Ambalan dengan baik dan benar. Terakhir menyusun RTL yang mana isinya janji atau hal yang akan dilakukan sepulang dari kegiatan ini. Diakhir kegiatan ada Malam Daya Taka yang diisi dengan pentas seni dan renungan.

“Seru ikut kegiatan ini karena dapat teman baru,ngapain aja selalu rame-rame. Walaupun ngantuk di setiap penyampaian materi. Hahaha..” ujar Dhana sebagai salah satu peserta Dianpinsa yang mewakili Ambalan Kapiten Pattimura dan Kwarran Long Kali.

Semoga para peserta Dianpinsa dapat menerima semua ilmu yang diberikan selama kegiatan dan menerapkannya di Ranting masing-masing demi kemajuan Pramuka di seluruh wilayah Kabupaten Paser. Salam Pramuka!!!

(RABI’ATUL ADAWIYAH – 18093)

Top