You are here
Home > Berita Daerah > BRIGADE PENOLONG 13 KEMBALI ADAKAN GERAKAN PEDULI PALU, SIGI, DAN DONGGALA

BRIGADE PENOLONG 13 KEMBALI ADAKAN GERAKAN PEDULI PALU, SIGI, DAN DONGGALA

PRAMUKANEWS | Sabtu, (5/1) Pukul 09.00 WIB telah diberangkatkan 22 relawan Brigade Penolong Jawa Timur dari Bandara Juanda untuk tugas kemanusiaan di Palu, Sigi, dan Donggala. Para relawan tersebut sebenarnya berjumlah 30 relawan termasuk empat pendamping dari Kwarda Jatim, namun dibagi menjadi dua keberangkatan. Sejumlah 30 relawan tersebut ialah perwakilan anggota Brigade Penolong di 15 Kwarcab se-Jawa Timur.

“Nanti kami di sini selama lima hari. Diharapkan semua bisa terselesaikan dengan tepat waktu,” tegas Kak Oelis selaku Waka bidang operasi, pendidikan, dan latihan Brigade Penolong Jawa Timur tatkala sampai di Palu, Sulawesi Tengah.

Target Brigade Penolong Jawa Timur ialah membangun 40 Huntara (Hunian sementara) dan satu mushola darurat. Para relawan dibagi menjadi beberapa tim guna diterjunkan di lokasi kejadian. Salah satu tim bertugas menyisir beberapa rumah di kota Palu dan Sigi. Sedangkan tim yang lain melakukan survei di lokasi lainnya.

Tim akan melakukan survei kepada tiap rumah, karena kondisi setiap rumah berbeda. Selanjutnya tim langsung melakukan pemetaan terhadap rumah yang rusak. Kemudian tim akan bergerak memperbaiki titik-titik kerusakan. Selain itu tim juga melakukan penyuluhan, trauma healing, dan lainnya.

“Melalui adanya peduli bencana Palu, Sigi, dan Donggala tahap IV ini diharapkan dapat meringankan beban korban, meringankan trauma healing, dan kembali menyungging senyuman warga yang terdampak,” ujar Riza Ribut Setyawan selaku perwakilan Brigade Penolong Kabupaten Mojokerto.

( FARA DIBA – 18031 )

Top