You are here
Home > Berita Cabang > Kwarcab Banyumas Seleksi Pembina Berdedikasi

Kwarcab Banyumas Seleksi Pembina Berdedikasi

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : Kwarcab Banyumas Seleksi Pembina Berdedikasi

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Banyumas, melakukan seleksi kepada seluruh pembina pramuka di Kwarcab Banyumas. Mereka berhak menyandang Pembina Pramuka Berdedikasi Tingkat Cabang Banyumas Tahun 2018. Final Pembina Pramuka Berdedikasi digelar Jumat (28/12) di Sanggar Bakti.

Wakil Ketua III Bidang Binawasa Adi Suroso, S.Pd mengatakan kegiatan dilaksanakan sebagai evaluasi sekaligus memberi penghargaan kepada para Pembina yang dengan tulus ikhlas melakukan pelatihan pramuka kepada anak didiknya.

“Biasanya lomba diberlakukan untuk anak didik disetiap tingkatan pramuka, agar memotivasi pembina, maka diadakan lomba untuk Pembina pramuka,” kata Adi Suroso.

Adi menambahkan seleksi diawali dengan pengumpulan berkas administrasi, yang meliputi pendidikan kepramukaan yang diikuti, surat keputusan tentang jabatan pembina, prestasi anak didik dan lain sebagainya. Setelah pengumpulan berkas, Tim seleksi yang terdiri dari Bidang Binawasa dan Pusdiklatcab menentukan masing-masing 3 pembina terbaik semua tingkatan, untuk dipilih menjadi yang tergiat.

“Tiga besar pembina terbaik dimasing-masing tingkatan, diminta untuk melakukan presentasi, dihadapan tim penguji,” tambahnya

Keberhasilan untuk menjadi pembina berdedikasi, selain penilaian administasi, presentasi juga output dari pembinaan yang dibuktikan dengan prestasi yang diperoleh dari anak didiknya

Pada akhir penilaian Kwarcab Banyumas menetapkan Pembina Pramuka Berdedikasi Tahun 2018, untuk Golongan Siaga adalah Unik Sayekti, S Pd SD Pembina SDN 1 Sambirata Cilongok tergiat 1 diikuti Siti Suciati S.Pd Pembina SDN 1 Ketenger Baturraden tergiat 2 dan Julianto Pembina MI Ma’arif NU 1 Sokawera Cilongok Tergiat 3 .

Untuk Tingkatan Pembina Penggalang Tergiat 1 Salimah Kurniasih, S I Pust Pembina SMPN 1 Wangon dan Tergiat 2 Akh Muti Akromi S.Pd SD pembina SDN 1 Kalisalak. Sedangkan Pembina berdedikasi tingkat Penegak diraih oleh Sugiman S.Pd Pembina SMA Negeri Banyumas.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top