You are here
Home > Berita Ranting > KWARRAN 0409 PARIANGAN MENGGELAR JAMBORE RANTING TAHUN 2018 DINAGARI TABEK

KWARRAN 0409 PARIANGAN MENGGELAR JAMBORE RANTING TAHUN 2018 DINAGARI TABEK

PRAMUKANEWS | Kwartir Ranting 0409 Pariangan, Laksanakan kembali kegiatan Jambore Ranting tahun 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 470 peserta Pramuka Penggalang SD maupun penggalang SMP. Jambore Ranting 0409 Paringan dibuka langsung oleh kak Revol Desman selaku sekretaris Kwarcab 0304 Tanah Datar, tema yang diambil dalam Jambore Ranting yaitu “Cerdas, Mandiri, Berakhlak dan Berkarakter”. Selasa (18/12) di lapangan Bola Kaki Nagari Tabek.

Kak Revol Desman mengungkapkan, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan bahagia bahwa dalam pengujung tahun 2018 masih semangat juga untuk melaksanakan jambore ranting, dari beberapa Kwarran yang mengagendakan Jambore Ranting pada tahun 2018 hanya lima Kwarran yang melaksanakannya, yang terakhir adalah Kwarran 0409 Pariangan. Kemudian melihat kesungguhan panitia dan semangat peserta didik, maka kegiatan Jambore Ranting ini hendaknya berjalan dengan lancar dan sukses sampai hari kamis kedepan.

“Kami merasa bangga pada Kwarran 0409 Pariangan dan juga peserta jambore ranting semuanya, bahwa akhir tahun 2018 ini masih bisa juga melaksanakan jambore ranting, itu dikarenakan semangat dan juga motivasi dari KAMABIRAN maupun KAKWARRAN 0409 Pariangan sehingga panitia beserta peserta jambore ranting bersemangat dan serius dalam melaksanakan kegiatan ini. Dan ini merupakan kebanggaan bagi Pramuka Tanah Datar dan juga masyarakat Pariangan khususnya” ungkap kak Revol Desman.

Kamabiran 0409 Pariangan kak Abdurrahman Hadi mengatakan, Jambore Ranting bertujuan memberi semangat dan menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi antar anggota Pramuka Penggalang yang ada di kecamatan Pariangan, dan akhirnya peserta jamboree ranting dapat memiliki kemampuan dan ssemangat sosial dalam berorganisasi digerakan pramuka gugus depan masing-masing. Dalam jambore ranting ini hendaknya Pramuka Penggalang yang ada di kecamatan Pariangan dapat menampilkan keterampilan serta kemampuan dari masing-masing pangkalan.

Kegiatan Jambore Ranting 0409 Pariangan ini akan berlangsung selama tiga hari dimulai dari hari Selasa sampai dengan hari Kamis (18-20/12) dengan lokasi kegiatan jamboree ranting yaitu Lapangan Bola Kaki yang ada di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan, panitianya tergabung pada anggota Dewan Kerja Ranting 0409 Pariangan serta Pengurus Kwarran 0409 Pariangan.

“Kegiatan jambore ranting ini baru pertama kali kami ikuti setelah dilantik menjadi camat di kecamatan Pariangan, kami merasa bangga dan senang bisa mengikuti acara pembukaan jamboree ranting 0409 Pariangan, kedepannya kami berharap setelah jambore ranting ini dilaksanakan hendak nya nanti tercapai tujuan dari jambore ranting, maka nantinya terbentuklah peserta didik yang mandiri, cerdas, berakhlak dan berkarakter. Untuk cabang yang diadakan pada Jambore Ranting 0409 Pariangan tahun 2018 yaitu Pentas Seni, penilaian Pagar Tapak Perkemahan, penilaian gerbang tapak perkemahan, dan pemberian materi serta Jelajah.” jelas kak Abdurrahman Hadi selaku Kamabiran 0409 Pariangan.

Selain kegiatan Jambore Ranting juga digelar perkemahan Akhir semester bagi peserta didik yang ada di kecamatan Pariangan. Selama tiga hari pelaksanaan perkemahan, peserta didik akan diberikan materi kepramukaan dan berbagai kegiatan yang menumbuhkan kreativitas peserta didik yang nantinya bagaimana peserta didik dapat merealisasikannya di gugus depan masing-masing.

(ISKANDAR FUADDIN – 18098 editor : LUKMAN ARISANDI-18044)

Top