You are here
Home > Berita Gudep > KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUT DISELENGGARAKAN OLEH RACANA SUBIADINATA

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUT DISELENGGARAKAN OLEH RACANA SUBIADINATA

PRAMUKANEWS | Racana Subiadinata menyelenggarakan agenda terbesar yaitu KML ( Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut) merupakan kursus yang diperuntukkan bagi pembina pramuka agar lebih mahir dan mantap sesuai golongannya (penjurusan) untuk memberkali secara intens dan mendalam terkait dengan tingkat golongan yang akan diajarkan dimasing-masing gugus depan yang dibina. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 16-21 Desember 2018 di SMPN 12 Semarang. Kursus ini dibuka pembina satuan Racana Subiadinata oleh Kak Mustofa, S.Pd dihadiri oleh beberapa pihak rektorat Universitas PGRI Semarang, LPPM dan pelatih pusdiklatcab kota Semarang.

Pelaksanaan KML ini baru pertama kali diadakan oleh Racana Subiadinata maka dari itu pesertanya difokuskan pada mahasiswa PPG Universitas PGRI Semarang namun juga dibuka untuk umum. Untuk jumlah pesertanya ada 115 orang. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan dan sebagai acuan evaluasi belajar serta program kerja yang continue. Tak ada ruginya mengikutnya justru mendapatkan manfaat dan menanamkan nilai moral terhadap diri sendiri maupun orang lain. Menjadi seorang pramuka mempunyai banyak pengalaman yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Mengembangkan potensi diri baik yang sifatnya akademik maupun sosial.

Dalam sambutan dan sekaligus pembukaan KML Kak Mustofa bertutur bahwa“ Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya mampu melaksanakan dan mengamalkan tri satya dan dasa darma pramuka serta yang mampu berkarya. Pramuka tidak mengenal umur, jangan tunggu nanti kalau dimulai dari sekarang lebih baik. Semoga diadakannya kegiatan KML ini dapat melatih dan memotivasi serta bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, gugus depan dan negara “ katanya.

Dalam pelaksanaannya ini, mengambil penjurusan secara langsung yaitu golongan penggalang. Kursus ini melakukan inovasi terbaru dan dengan materi yang dikemas secara apik sehingga peserta mudah memahami. Dimulai dari upacara penutupan-pembukaan, ujian SKU-SKK, LT, Jambore dan Kemah bakti.

Kemudian disambung dengan Kak Muhammad Syarif Hidayatullah, selaku Ketua Dewan Racana Putra Gugus depan 10.067 “ Kursus ini sangat bermanfaat dan membawa dampak besar bagi pelatih, panitia dan peserta karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Apalagi kursus ini mempunyai bekal yang merumpuni terkhusus pada golongan penggalang dan pantas menggunakan pita mahir penggalang. Harapannya tahun kedepan akan ada KML yang dibuka secara umum.” Ujarnya.
(IRMA RISTANTINA LUTHBIYANI-18024 | EDITOR : ADLAL HIDAYAT-18048)

Top