You are here
Home > Berita Gudep > Kemah SMK Satria Wangon, Ajarkan Kemandirian

Kemah SMK Satria Wangon, Ajarkan Kemandirian

PRAMUKANEWS.COM | Wangon : Kemah SMK Satria Wangon, Ajarkan Kemandirian

Liburan semester, para siswa kelas X SMK Bunda Satria Wangon diwajibkan mengikuti perkemahan bakti Jumat -Minggu (21-23/12) di lapangan Desa Windunegara Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Perkemahan merupakan bagian dari ujian pengisian Syarat Kecakapan Umum karena mereka akan dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara.

Kepala Sekolah SMK Bunda Satria Wangon Ajrun Mukhrohan mengatakan kemah diikuti sebanyak 541 siswa kelas 10, sengaja diselenggarakan saat hari libur dan siswa sudah menyelesaikan ujian akhir, agar tidak mengganggu pelajaran.

“Kemah dilaksanakan tiga hari dua malam dan semua aktifitas dilaksanakan di tenda dan sekitarnya dan peserta dituntut mandiri tanpa bantuan orang tua maupun pembina dalam memenuhi kebutuhan selama di perkemahan,” katanya

Ajrun menambahkan, kegiatan perkemahan memiliki tujuan positif. Tujuan pendidikan kemandirian yang selama ini diajarkan oleh orang tua di rumah diajarkan juga melalui lingkungan pendidikan dipraktekkan dalam perkemahan ini.

Selain mengajarkan kemandirian, kegiatan perkemahan juga memiliki tujuan mendidik anak menjadi sosok yang siap menghadapi lingkungan sosial.

Salah satu pembina Tri Hidayatul Ahmad Ismail mengatakan selain uji kecakapan peserta juga diberikan wawasan jurnalistik dan kewirausahaan. Mereka mendirikan tenda secara bersama, mengisi pentas seni, penjelajahan dan bakti sosial.

“Mereka diuji penguasaan dan kecakapan kepramukaan, dilatih memiliki ketahanan mental dan fisik. Pada perkemahan anak dilatih untuk tidak tergantung pada orang tua dan kecanggihan teknologi,” katanya

Tri menambahkan saat ini rata-rata anak dimudahkan di rumah untuk mandi sudah disiapkan kran PDAM maupun mesin pompa tanpa menimba, jarang yang bisa masak, disini dilatih untuk mandiri mengambil air dengan ember, masak sendiri dan tidur dengan tikar seadanya.

“Berbagai kegiatan itu bertujuan menumbuhkan kemampuan bekerja sama dan sosialisasi sekaligus adaptasi dengan lingkungan. Juga melatih siswa untuk memiliki sifat disiplin, berani dan saling menolong dalam kelompok,” jelasnya

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top