You are here
Home > Berita Gudep > PASKOHAMAS SCOUT ADVENTURES SMK MAARIF NU 1 AJIBARANG

PASKOHAMAS SCOUT ADVENTURES SMK MAARIF NU 1 AJIBARANG

PRAMUKANEWS | Minggu (16/12) Gerakan Pramuka SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang adakan kegiatan penggalang dengan tema “Paskohamas Scout Adventures”. Tema ini sendiri menggambarkan sebuah petualangan para Pramuka yang dimana diadakan oleh Paskohamas (Paskas Dewan Ambalan K.H. Hasyim Asy’ari dan Hj. Masyruroh).

Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diadakan oleh Gerakan Pramuka SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang. Pada tahun 2018 ini di ikuti oleh 80 Penggalang yang semuanya berasal dari beberapa pangkalan di Kwarcab Banyumas dan Kwarcab Brebes.

Kegiatan yang dibuka oleh Kak Mifbahul Huda selaku Pembina dari SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang ini berjalan dengan lancar, walaupun pada saat pelaksanaannya terjadi hujan yang terus menerus mengguyur jalannya kegiatan.

Kegiatan yang harusnya dimulai pukul 08.00 pagi ini tertunda hampir 1 jam karena hujan yang cukup deras dan setelah hujan reda barulah upacara pembukaan dimulai. Tidak sampai disitu saja, hujan juga kembali turun pada saat upacara pembukaan masih berlangsung, tetapi para peserta tetap berantusias mengikuti upacara pembukaan walaupun baju mereka basah karena terkena air hujan.

Pada kali ini ada tujuh piala yang diperebutkan. Piala tersebut diantaranya empat piala untuk juara masing-masing kategori, dan tiga piala untuk juara umum. Empat kategori yang diperlombakan pada kegiatan ini adalah lomba pionering, jelajah, cerdas cermat pramuka dan ditambah musabaqoh tilawatil qur’an atau bisa disebut dengan MTQ.

Untuk juara umum pada lomba tahun ini SMPN 3 Karanglewas mendapat peringkat 1, lalu disusul SMP BU Paguyangan di peringkat ke-2, dan SMP Ma’arif 1 Ajibarang pada peringatan ke-3.

Kak Agus selaku Ketua Sangga Kerja dari kegiatan ini mengatakan bahwa, ia sangat senang bisa jadi bagian kegiatan ini. Menurutnya kegiatan Pramuka ini sangatlah aktif, jadi kita harus terus menerus membantu mereka mengembangkan minat di Pramuka dengan berbagai cara. Kak Agus juga berharap agar semua anggota Pramuka bisa mempunyai rasa semangat yang tinggi agar bisa lebih memajukan Pramuka.

( NIKO PRAMONO – 18036 | EDITOR: FARA DIBA – 18031 )

Top