You are here
Home > Berita Gudep > BUMI PERKEMAHAN UTAMA PAMEKASAN, SAKSI BISU TERLANTIKNYA WARGA AMBALAN BARU PRAMUKA MAN 2 PAMEKASAN

BUMI PERKEMAHAN UTAMA PAMEKASAN, SAKSI BISU TERLANTIKNYA WARGA AMBALAN BARU PRAMUKA MAN 2 PAMEKASAN

PRAMUKANEWS | Adalah bumi perkemahan nyalabu daya, Pamekasan, tempat yang menjadi saksi bisu terlaksananya kegiatan peralihan tamu ambalan menjadi warga Ambalan Joko Tarub – Nawang Wulan, Pramuka MAN 2 Pamekasan.

Dimulai sejak hari minggu (16/12) dan berlangsung selama 3 hari, kegiatan yang diberi nama Training Warga Ambalan (TRIWAMBA) 2018 merupakan lanjutan dari kegiatan Training Tamu Ambalan yang terlaksana September kemarin. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mlanjutkan fase seorang penegak yang awalnya sebagai tamu ambalan menjadi warga ambalan.

Bumi perkemahan utama pamekasan (Bumi Perkemahan Nyalabu Daya) dipilih oleh sangga kerja untuk menjadi lokasi kegiatan kali ini agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, mengingat kegiatan sakral seperti ini butuh lokasi yang memang sudah dikatakan baik dari segi fasilitas di bumi perkemahan.

Jalannya kegiatan berlangsung sesuai harapan. Diletakkannya pusaka adat oleh pemangku adat pada saat pembukaan sore itu menandakan kegiatan secara resmi dimulai. Sesuai harapan, kegiatan yang telah dikonsep jauh – jauh hari ini berjalan dengan lancar. mulai dari materi petuah serta hak & kewajiban warga ambalan yang disampaikan langsung oleh Alumni, kegiatan pelatihan kedisiplinan, hingga kegiatan evaluasi yang dibentuk dalam penjelajahan di hari terakhir berlangsung tanpa ada kendala berarti.

Sebagai bentuk terlantiknya warga ambalan baru gugus depan, dilaksanakan upacara pelantikan dan prosesi suci yang berdasar adat ambalan oleh Pembina kepada peserta kegiatan yang lulus menjadi warga. “Semoga warga terlantik dapat menjadi warga ambalan yang kokoh dan tetap dapat membanggakan gudep tercinta”, ujar Kak Wahyu selaku ketua Dewan Ambalan saat kami wawancarai saat upacara pelantikan sore itu.

Jurnalis :
(R. ICHWANI IQBAL A. Y. – 18068)

Top