You are here
Home > Berita Cabang > KEMERIAHAN LOMBA LINTAS ALAM CABANG PASER 2018

KEMERIAHAN LOMBA LINTAS ALAM CABANG PASER 2018

PRAMUKANEWS | Pramuka mana yang tidak suka bila ada kegiatan lintas alam. Sama hal nya dengan kegiatan yang satu ini. Lomba Lintas Alam Cabang Paser atau yang disingkat dengan LLACP. Kegiatan yang sudah lama hilang dan kini hadir kembali. Kegiatan LLACP yang dilaksanakan pada hari Minggu (15/12) sampai dengan hari Senin (17/12) cukup untuk memuaskan rasa rindu para Pramuka di Cabang Paser terhadap kegiatan ini.

Sesuai dengan namanya, lomba utama di kegiatan ini yaitu lomba lintas alam. Lomba lintas alam ini dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama para peserta akan berangkat dari main camp yang bertempat di Kwartir Sekretariat Cabang Paser menuju sub camp. Selama perjalanan para peserta akan melewati 3 pos yang mana disetiap posnya terdapat tugas-tugas dari panitia seperti soal-soal yang berkenaan dengan pengetahuan kepramukaan, sandi-sandi, hasta karya dari bahan yang ditentukan oleh panitia, hingga kim-kim.

Sesampainya di sub camp, tempat yang jauh dari pemukiman warga, disitu para peserta mendirikan lagi tenda-tenda mereka. Kegiatan peserta selama di sub camp hanya istirahat saja, memulihkan tenaga mereka untuk lintas alam esok harinya. Walaupun sudah lelah tapi peserta masih sanggup tertawa lepas saat berkumpul mengelilingi api yang membakar ranting dan daun kering.

Lomba lintas alam hari ke-2 para peserta akan berangkat dari sub camp dan akan kembali ke Kwartir Sekretariat Cabang Paser. Rute yang lebih ekstrim dari lintas alam hari pertama, ditambah lagi dengan jalanan yang basah dan licin akibat hujan deras semalam. Kali ini peserta akan melewati 2 pos yang mana disetiap posnya terdapat tugas-tugas dari panitia seperti menaksir tinggi, penanganan pertama, membuat tandu, sampai halang rintang sambil membawa tandu yang berisikan salah satu peserta dari setiap sangga yang telah ditangani oleh peserta lain disangganya. Sesampainya lagi di Kwartir Sekretariat Cabang Paser, peserta membersihkan diri dan bersiap untuk upacara penutupan dan pembagian hadiah.

Lintas alam mungkin memang melelahkan, berjalan kaki sambil membawa barang pribadi, tenda, peralatan masak, dan perlengkapan lainnya. Namun justru dengan itu kita dapat terlatih menjadi orang yang kuat. “LLA ini sangat berkesan, sub camp nya merupakan wilayah hutan dengan pemandangan yang indah. Saat malam di sub camp, terjadi hujan dimana tenda kami sebagiannya tergendang oleh air dan kami tetap berusaha tidur di tenda yang kecil dengan 5 orang di dalamnya. Kami berusaha memanfaatkan air yang ada di tenda untuk bertahan hidup dikarenakan disana tidak ada air yang memadai. LLA ini mengajarkan saya arti berbagi dan kebersamaan…” tutur Rosila sebagai salah satu peserta dari kegiatan ini.

Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang kita dapat dari kegiatan yang satu ini. Tetap semangat, pantang menyerah, dan selalu bersyukur.
Salam Pramuka!!!

( RABI’ATUL ADAWIYAH – 18093 )

Top