You are here
Home > Berita Cabang > 29 PEMBINA IKUTI KMD GOLONGAN PENGGALANG DI PUSDIKLATCAB 0304 TANAH DATAR

29 PEMBINA IKUTI KMD GOLONGAN PENGGALANG DI PUSDIKLATCAB 0304 TANAH DATAR

PRAMUKANEWS | Pengurus bidang Pelatihan orang Dewasa Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar , adakan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Pembina pramuka golongan Penggalang. Pada tahun 2018 ini, kegiatan KMD diikuti sebanyak 33 orang Pembina dari Gugus depan yang ada di Kabuaten Tanah Datar, namun seiring berjalannya waktu jumlah peserta yang mengikuti sampai pada hari jum’at tanggal 14 Desember sebanyak 29 orang Pembina. Harapannya nanti setelah Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Pembina pramuka golongan Penggalang hendaknya bisa membina peserta didik secara professional di gugus depan masing-masing dan menjadi contoh teladan bagi peserta didik di gugus depan tempat dimana Pembina berada, dan juga nantinya tercapai tujuan yang dicapai sesuai dengan temanya yaitu “Dengan KMD Membentuk Pembina yang Profesional dan Berkarakter”, Jum’at (14/12) di Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka 0304 Tanah Datar.

Pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina golongan Penggalang ini telah berlangsung selama enam hari masa pelatihan yaitu pemberian materi kursus dimulai dari hari Jum’at-Minggu tanggal 7-9 Desember 2018 dan Praktek lapangan dimulai dari hari Jum’at-Minggu tanggal 14-16 Desember 2018 dengan lokasi kursus bertempat di Bukik Gombak Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLATCAB) 0304 Tanah Datar.

Salah seorang peserta KMD Kak Roni Saputra mengungkapkan, banyak pengalaman yang didapatkan pada kegiatan KMD ini, untuk bidang materi kepramukaan dari sebelumnya tidak mengetahui kemudian jadi mengetahui bagaimana cara membina peserta didik di gerakan pramuka yang baik dan menyenangkan. Bukan hanya materi, tapi pelatihan ini juga membuka wawasan untuk saling tukar pikiran antara peserta yang satu dengan yang lainnya tentang bagaimana kondisi gugus depan masing-masing dan peserta didik, silaturahmi antara Pembina dan pelatih selama pelatihan juga terlaksana. Dengan adanya KMD ini dapat meningkatkan kualitas pribadi Pembina dalam membina peserta didik di gugus depan masing-masing. “Harapan kami kedepannya dengan adanya KMD maka setiap Pembina akan lebih professional dalam mengembangkan materi pramuka yang kreatif dan bervariasi, agar nantinya peserta didik mudah memahami tentang apa yang sudah diberikan mengenai pramuka itu sendiri” lanjut kak Roni Saputra.

Ketua PUSDIKLAT 0304 Tanah Datar kak Jusmanidar juga mengungkapkan bahwa semoga ilmu yang telah diberikan bermanfaat bagi pribadi maupun peserta didik di gugus depan, harapannya untuk kedepan setelah diadakan KMD ini, para Pembina yang sudah KMD dapat menjalankan tugasnya sebagai pembina di gugus depan masing-masing dengan baik sesuai apa yang sudah di pelajari selama KMD.

“Dengan adanya KMD ini kami berharap, ilmu yang sudah di berikan agar dapat di aplikasikan dalam membina digugus depan masing-masing, Pembina hendaknya bisa menjadi seorang penunjuk arah bagi generasi muda yang telah dipengaruhi oleh teknologi modern saat ini, dan jadilah pembina yang disenangi setiap peserta didik baik itu kegiatan didalam ruangan maupun diluar ruangan.” ungkap Kak Jusmanidar.

(ISKANDAR FUADDIN – 18098 | EDITOR : LUKMAN ARISANDI – 18044)

Top