You are here
Home > Berita Daerah > KALIMANTAN SELATAN GELAR PERKEMAHAN WIRAKARYA

KALIMANTAN SELATAN GELAR PERKEMAHAN WIRAKARYA

PRAMUKANEWS | Membangun dan bersinergi untuk Banua merupakan tema untuk Perkemahan Wirakarya Kalimantan Selatan bertempat di Kiram Park pada hari Senin-Rabu, 24-28 November 2018 yang diikuti oleh 215 anggota Pramuka Penegak dan Pandega.

Perkemahan Wirakarya yang diselenggarakan kedua kalinya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karakter dan kreativitas para peserta, seperti giat materi pendidikan karakter dan pendidikan alam, giat produktivitas kerajinan pembuatan sasirangan, hingga yang paling di gemari para peserta yaitu giat materi penggunaan sosial media dalam dunia Pramuka.

Bukan hanya peningkatan karakter namun juga penanaman nilai cinta Banua, pada beberapa kegiatan disisipkan beberapa permainan tradisional salah satunya bakiak dan balogo yang memang sudah jarang dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang.

Banyak peserta yang merasa bernostalgia dengan masa kanak-kanaknya karena begitu menikmati permainan tersebut, menurutnya permainan ini sudah sangat jarang di mainkan oleh anak-anak sekarang karena sibuk dengan gadget dan game online.

“ingat waktu dulu kalo udah main lupa pulang ke rumah, tapi sayang sekarang anak-anak lebih suka bermain dengan game online yang sebenarnya kurang mendidik.” ujar salah satu peserta.

Dengan di sisipkannya permainan tradisional di beberapa kegiatan di harapkan dapat menumbuhkan cinta budaya Banua pada diri setiap peserta, karena menurut para sangga kerja para Pramuka yang memiliki karakter dan kualitas adalah mereka yang mencintai budaya namun mengikuti perkembangan teknologi.

“karena kualitas dan karakter adalah 2 hal yang berkaitan, tapi ingat cinta budaya juga salah satu bukti kita adalah orang yang berkarakter.” ujar kak Tarsun selaku sangga kerja.

(GINA ASTUTI-18043 | EDITOR : LUKMAN ARISANDI-18044)

Top