You are here
Home > Berita Cabang > MAHASISWA PPL STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG BANGKITKAN KEMBALI GUGUS DEPAN YANG TELAH 16 TAHUN VAKUM

MAHASISWA PPL STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG BANGKITKAN KEMBALI GUGUS DEPAN YANG TELAH 16 TAHUN VAKUM

foto bersama panitia dan peserta setelah upacara penutupan

PRAMUKANEWS | Setelah 16 tahun vakum dari kegiatan kepramukaan, Mahasiswa PPL STKIP Persada Khatulistiwa Sintang bangkitkan kembali Gugus Depan 14.039-14.040 Pangkalan SD 11 Benuis yang merupakan wilayah Administrasi Kwarran Selimbau Kwarcab Kapuas Hulu melalui kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 30 November 2018 sampai dengan tanggal 1 Desember tersebut dilaksanakan di lapangan sepakbola Besa Benuis.

Dengan persiapan selama satu minggu, panitia pelaksana yang beranggotakan  29 orang terdiri dari mahasiswa PPL, DKR Selimbau dan Dewan Guru dari SD 11 Benuis berhasil menggandeng dua sekolah yang berasal dari desa Sekubah dan Desa Gerayau dengan Jumlah Total Peserta Putra dan Putri sebangak 69 orang. Turut juga hadir dalam kegiatan tersebut, pengurus Kwarran Suhaid dan DKR Suhaid yang membantu dalam urusan pembekalan/ pemberian materi kepada peserta dan kegiatan lintas alam.

Dalam arahannya pada saat upacara penutupan, Kak Sutari. S.Pd, menyampaikan aktivnya kembali Gugus Depan 14.039-14.040 Pangkalan SD 11 Benuis ini untuk membangun jiwa Korsa diantara guru, orangtua, dan siswa. Lewat kegiatan kepramukaan, pihaknya menginginkan ada peningkatan kedisiplinan dan dapat bersikap lebih baik. Pasalnya terdapat kolerasi antara kegiataan pramuka dengan pendidikan kedisiplinan yang sangat bermanfaatan ketika proses belajar mengajar berlangsung. “.

Sementara itu, Menurut Kak Firman yang merupakan Koordinator Mahasiswa PPL sekaligus ketua panitia kegiatan mengatakan Gugus Depan Pramuka selain untuk meningkatkan kedisiplinan juga agar bisa melakukan pengabdian di masyarakat. Kami akan bersinergi, menjalin networking dan juga pembinaan pengabdian ke masyarakat,” ujarnya.

Lewat kegiatan pramuka, lanjut Kak Firman, pengabdian di masyarakat bisa disinergikan dengan berbagai kegiatan PPL Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Program-program lainnya sedang disusun sambil melakukan pelatihan kepada anggota untuk lebih memperkuat organisasi pramuka yang baru terlahir kembali ini. Hal ini agar apa yang dilakukan Gugus Depan 14.039-14.040 Pangkalan SD 11 Benuis dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, membangun masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat. “Kami tidak ingin hanya sekadar nama saja tetapi juga benar-benar kerja nyata di lapangan. (feriadi siregar/14.007)

Top