You are here
Home > Berita Gudep > PENYEMATAN TALKOM ANGGOTA DEWAN AMBALAN WR. SUPRATMAN – FATMAWATI

PENYEMATAN TALKOM ANGGOTA DEWAN AMBALAN WR. SUPRATMAN – FATMAWATI

PRAMUKANEWS | [Wangon – 30/12/2018] Gerakan Pramuka Gugusdepan 17.2869 – 17.2870 Ambalan WR. Supratman-Fatmawati baru saja melaksanakan kegiatan pembagian sekaligus penyematan talkom anggota dewan ambalan.

Sebanyak 38 anggota terlantik mengikuti apel pembukaan dan berbagai rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh pengurus harian terpilih setelah pada pagi harinya melaksanakan Penilaian Akhir Semester I.

Setelah pemeriksaan kelengkapan, anggota dewan ambalan pun mulai diuji pengetahuannya mengenai makna yang terkandung dalam lambang badge ambalan yang mereka pakai. Adapula sesi sharing-sharing antar anggota mengenai pembahasan lebih lanjut setiap bidang yang diarahkan oleh pengurus harian. Kemudian kegiatan dilanjutkan, anggota diberitahu untuk mencari penutup mata. Kenapa mencari? Karena pengurus harian sengaja tidak memberitahukan mereka untuk membawanya. Pengurus harian ingin melihat bagaimana anggotanya memanfaatkan barang yang ada di sekitarnya dengan baik.

Alhasil, dengan adanya hal tersebut berhasil menciptakan tawa di sela-sela kegiatan yang sebelumnya dianggap agak menakutkan oleh anggota. Bukannya selembar kain yang mereka pakai, justru mereka menutup mata mereka dengan baju olahraga yang baru saja dipakai, kerudung dan yang paling nyleneh adalah memakai mantel plastik.

Setelah menemukan penutup mata masing-masing, mereka dibimbing mengelilingi sekolah yang berakhir pada tempat semula. Mereka kembali dibariskan kemudian tanpa diduga sebelumnya ada potongan buah asem dan gula jawa masuk ke dalam mulut mereka. Hal ini memiliki makna dimana dewan ambalan sebagai sebuah keluarga di dalam organisasi harus tetap berjalan bersama tak peduli pada saat keadaan apapun. Kegiatan berakhir dengan apel penutup dimana sebelumnya ada pembagian talkom sekaligus penyematan oleh pembina gudep.

Ada yang cukup menarik dalam kegiatan ini meski hanya berlangsung setengah hari saja, dalam kegiatan ini anggota diharuskan membawa semir sepatu yang mana anggota yang satu harus menyemirkan sepatu anggota lainnya. “Hal ini bertujuan agar mereka tahu apa itu arti teman, bukan teman yang hanya sebagai teman cerita saja. Tapi teman yang bisa membantu dengan tindakan.” Tangkas Fira, Pradana Ambalan Fatmawati. “Kegiatan ini kami adakan agar Dewan Ambalan WR. Supratman-Fatmawati SMA Negeri 1 Wangon bisa termotivasi dengan adanya talkom jadi bisa tambah solid, kompak, jiwa korsanya ditingkatkan, kinerjanya lebih baik dan juga agar lebih bersemangat lagi berorganisasi bersama selama satu tahun kedepan” lanjutnya. (Silvia Dwi Pratiwi – 18083 | Editor : Iman Maulana – 18074)

Top