You are here
Home > Berita Gudep > Racana Soedirman Laksanakan Bina Desa

Racana Soedirman Laksanakan Bina Desa

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : Racana Soedirman Laksanakan Bina Desa

Gerakan Pramuka Racana Soedirman melaksanakan kegiatan Bina Desa tahun 2018, Rabu (28/11) di Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Racana Soedirman di tahun 2018.

Ketua Dewan Racana Soedirman Ilham Budi Santoso mengatakan kegiatan bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di Perguruan Tinggi kepada Masyarakat untuk peningkatan ekonomi keluarga.

“Kegiatan berupa sosialisasi budidaya Azolla Microphyyla atau tanaman paku air sebagai pakan ternak alternatif yang diikuti oleh lebih dari 70 masyarakat Desa Suro,” kata Ilham

Ketua Reka Kerja Bina Desa Dedi Prianto menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan tersebut sangat tepat diberikan kepada masyarakat di Desa Suro karena Masyarakat disana sebelumnya telah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa 50 Ayam Joper per rumah untuk dijadikan hewan ternak.

“Dengan budidaya Azolla Microphylla ini, diharapkan masyarakat di Desa Suro dapat terbantu dalam proses pemeliharaan ternaknya, selain dapat menghemat biaya, tanaman Azolla ini juga mengandung nutrisi yang sangat baik dibandingkan dengan pakan biasanya. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari tumbuhan ini untuk berbagai aspek” katanya.

Kegiatan penyuluhan tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pagi hari sedangkan untuk sesi kedua dilaksanakan malam hari. Walaupun demikian kedua sesi tersebut sama sama ramai dihadiri masyarakat sekitar. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini.

“Tak hanya berhenti di penyuluhuan, Kegiatan Bina Desa ini akan dilanjutkan dengan penanaman Azolla Microphylla secara langsung serta kontroling secara berkala hingga proses budidaya benar benar berhasil dilakukan,” tambah Dedi

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top