You are here
Home > Berita Cabang > Seminar Nasional Kepramukaan Sebagai Ajang Pemahaman Pendidikan Abad 21

Seminar Nasional Kepramukaan Sebagai Ajang Pemahaman Pendidikan Abad 21

PRAMUKANEWS.COM | Kemajuan teknologi di abad 21 ini memberikan banyak pengaruh terhadap kehidupan manusia. Dan diantara banyak lini itu adalah sisi pendidikan. Sisi pendidikan yang mengangkat isu pendidikan karakter ini melirik Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter generasi muda yang terbilang ideal sebagai persiapan untuk menyongsong masa depan.
Peluang baik ini diamati dengan baik oleh racana pramuka Universitas Negeri Malang dengan mengadakan Seminar Nasional Kepramukaan. Event yang diadakan pada ahad (18/11) kemarin ini mengangkat tema “ Transformasi pendidikan abad 21 dan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter generasi emas 2045 “. Seminar ini menghadiri para pakar dibidangnya yaitu kak Prof. Dr. Supriyono, guru besar Fakultas Ilmu Pendidikan UM dan kak Ganet Budi Utomo, andalan nasional bidang pramuka peduli.
Seminar nasional ini terbagi atas 2 sesi, yaitu seminar umum dan proseding. Adapun output dari adanya proseding ini adalah pembuatan buku mengenai pendidikan karakter dalam bingkai kepramukaan. Dengan mengerahkan sekitar 50 orang panitia yang dikomando oleh kak Nirwasita Daniswara ini melakukan persiapan selama 2 bulan lebih untuk mengoptimalkan suksesnya kegiatan ini.
“ Pada hakikatnya, Gerakan Pramuka itu sifatnya fleksibel dan universal. Seorang pandu itu wajib faham dan mengikuti perkembangan zaman dalam mengembagkan skill kepanduannya di tiap gudep. Sehingga kedepannya, kita pun bisa memaksimalkan adanya teknologi ini semisal dengan menggunakan hp untuk melihat rute penjelajahan, kompas juga sudah tersedia di banyak hp sekarang “, tutur kak Ganet sebelum mengakhiri seminar.

Reporter and Editor : Ade Irfan Kahfi Ramadlan#18057

Top