You are here
Home > Berita Gudep > PRAMUKA SDN 002 LONG KALI TERAPKAN METODE LATIHAN YANG MENGASYIKKAN

PRAMUKA SDN 002 LONG KALI TERAPKAN METODE LATIHAN YANG MENGASYIKKAN

PRAMUKANEWS | Kegiatan rutin latihan ekstrakurikuler Pramuka yang dilaksanakan setiap hari Jum’at sore dimulai sekitar pukul 15:00 sampai 17:00 WITA di Pangkalan SDN 002 Long Kali. Dihadiri oleh segenap siswa dan didampingi oleh 3 orang pembantu pembina dari Pramuka Penegak Ambalan Kapiten Pattimura.

Pramuka pangkalan SDN 002 Long Kali didominasi oleh Pramuka golongan Penggalang. Materi yang diberikan tak lepas dari materi yang biasa kita temukan di Pramuka. Sebut saja sejarah dari Pramuka itu sendiri, sandi-sandi, tali temali, baris-berbaris, semaphore, dan lain sebagainya. Hanya saja, terkadang mereka merasa jenuh jika harus duduk diam saja di dalam ruangan selama materi berlangsung.

Ketika sudah berhadapan dengan situasi seperti ini, kegiatan latihan akan dilaksanakan di luar ruangan. Kegiatan latihan di luar ruangan bisa dilakukan dengan permainan-permainan sederhana yang tetap mengandung nilai edukasi dan erat kaitannya dengan Pramuka. Seperti bermain teka-teki menggunakan Sandi Morse yang dapat mendorong mereka untuk belajar lebih giat tentang Sandi Morse. Ataupun permainan ‘Bisik Berantai’ yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak, melatih daya ingat, dan menggunakan kalimat-kalimat yang dapat memperluas wawasan pengetahuan berbahasa mereka.

Mereka juga diajarkan untuk mengamalkan kode kehormatan Pramuka salah satunya yaitu Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Disetiap latihan mereka selalu menyempatkan diri untuk shalat ashar berjamaah di mushala sekolah. “Kak sudah adzan…” mereka mengingatkan. Beruntung sekali bisa dapat pembelajaran penting dan pengalaman seru dari Pramuka. ( RABI’ATUL ADAWIYAH – 18093 )

Top