You are here
Home > Berita Ranting > KWARTIR RANTING SUHAID GELAR LOMBA GUGUS DEPAN TERGIAT TAHUN 2018

KWARTIR RANTING SUHAID GELAR LOMBA GUGUS DEPAN TERGIAT TAHUN 2018

PRAMUKANEWS.COM | Dalam upaya memberikan penghargaan kepada Gugusdepan (Gudep) yang telah menjukkan keberhasilannya, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Suhaid akan memberikan penghargaan kepada Gugusdepan Tergiat tahun 2018.

Penghargaan Gugusdepan Tergiat ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan pembinaan kepramukaan, sebagai pemicu dan meningkatkan kegiatan serta prestasi di Kwarran, hal itu disampaikan oleh Ketua Kwartir Ranting Suhaid (Ka. Kwarran) Gerakan Pramuka Suhaid, Kak Saleh, S.Pd. usai rapat pimpinan Kwarran pada hari Sabtu 10 November 2018.

Sasaran penilain, antara lain meliputi bidang organisasi, bidang pendidikan, pelatihan dan penelitian, bidang kepramukaan dan satuan karya, bidang abdi masyarakat dan hubungan masyarakat, hingga administrasi, keuangan dan usaha dana. “untuk kriteria dasar dalam penilaian ada empat yaitu, prestasi kerja, hubungan kerja dengan Kwarran, program kerja tahunan, dan kerjasama dengan instansi terkait,” ungkap Kak Saleh yang juga Ka. Mabigus SDN 08 Mantan.

Kak Saleh menambahkan, untuk prestasi kerja masih terbagi menjadi beberapa poin, ”untuk prestasi kerja diantaranya pembinaan organisasi, pengelolaan gudep, perkembangan gudep, jumlah pembina dan kegiatan kepramukaan. Tidak lupa, Kak Saleh juga mengingatkan kepada sebelas gudep untuk bersiap menyambut tim penilai yang akan turun pada awal Desember 2018 ini. Ia berharap agar setiap gudep melengkapi bahan-bahan yang akan menjadi sasaran penilaian tersebut, harapnya.

Ditemui secara terpisah, Kak Mukhlis yang merupakan Ketua Tim Penilai mengatakan penilaian lomba gugus depan tergiat di Kwarran Suhaid diikuti sebanyak 19 Gugus Depan SD/ MI/ SMP/ MTs/ SMA/ MA. Walaupun baru pertama kali digelar nantinya, kegiatan lomba gugus depan, akan menjadi agenda rutin tahunan yang bertujuan memotret seberapa jauh keaktifan dan pengadministrasian kegiatan di masing-masing gudep.

Kak Mukhlis menjelaskan kinerja Kwarran tidak lepas dari kegiatan yang ada di gugus depan. Semakin aktif gugus depan akan mendukung unsur diatasnya yaitu Kwarran. Penilaian ini dapat melihat apakah gugus depan itu sehat atau tidak, maka perlu diadakan evaluasi dibagian administrasi melalui lomba.

“Pengembangan gugus depan secara kontinyu harus terus menerus dilakukan, hal ini untuk mendukung kegiatan di tingkat Kwarran kedepannya,” tambah Kak Mukhlis. (feriadi siregar / 14007)

 

Top