You are here
Home > Berita Cabang > NAPAK TILAS PRAMUKA PENEGAK SE-KABUPATEN TANAH DATAR

NAPAK TILAS PRAMUKA PENEGAK SE-KABUPATEN TANAH DATAR

PRAMUKANEWS | Dalam rangka peringatan ulang tahunnya, Korps Sukarela Unit IAIN Batusangkar mengadakan kegiatan napak tilas yang melibatkan peserta dari PMR dan Pramuka Penegak se-kabupaten Tanah Datar pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu.

Kegiatan yang diadakan di sekitaran Bumi Perekemahan Istano Basa Pagaruyung ini bertujuan agar peserta lebih dekat dengan alam di sekitarnya dan lebih mengenali sejarah Kerajaan Pagaruyung pada masa Hindu-Budha dan Islam di Minangkabau serta waktu dibangun kembali Istano Baso Pagaruyung setelah terbakar sebanyak tiga kali.

Dalam kegiatan ini peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara berkelompok/tim. Setiap tim terdiri atas 5 (lima) orang peserta dengan total 45 orang (9 tim). Selama perjalanan napak tilas berlangsung terdapat tiga pos,yang mana pos pertama terdapat dua buah soal yang berkaitan dengan pengetahuan peserta tentang terbentuknya kerajaan Pagaruyung untuk menambah wawasan peserta mengenai sejarah di Minangkabau.

Di pos kedua terdapat tugas untuk menyusun puzzle yang berupa gambar Istano Basa Pagaruyung yang tujuannya untuk menunjukkan kekompakan dan tanggung jawab suatu tim dalam menyusun pazzle tersebut. Serta di pos ketiga merupakan tempat bagi peserta untuk menunjukkan kreatifitasnya sebagai anggota Pramuka Penegak.

Diakhir kegiatan diumumkan bahwa yang menjadi tim terbaik diperoleh oleh Gudep SMA Negeri 1 Lintau Buo dan tim terfavorit berasal dari MAN 3 Tanah Datar.

(Jurnalis : Nandika Aries Violanda – 18011 | Editor : 14001)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top