You are here
Home > Berita Daerah > FILOSOFI TORA MASKOT PERAN SAKA JABAR TAHUN 2018

FILOSOFI TORA MASKOT PERAN SAKA JABAR TAHUN 2018

PRAMUKANEWS | Inilah Filosofi Tora, Maskot Peran Saka Jawa barat Tahun 2018 Seperti dilansir di Akun resmi Dewan Kerja Daerah Jawa Barat, Inilah makna Filosofi Tora yang di desain oleh Sandy Lazuardi :
Harimau Jawa ini menjadi maskot kegiatan Peran Saka Jawa Barat Tahun 2018 dibuat oelh kak Sandy Lazuardi dengan gaya kekinian dan bergaya dinamis agar bisa diterima oleh para pramuka Jawa Barat khususnya peserta Peran Saka Jawa Barat itu sendiri. Selain bergaya dinamis, maskot juga menyiratkan beberapa gestur yang juga menggambarkan semangat dari kegiatan ini.

Berikut adalah penjelasan dari makna Gambar Tora sebagai Maskot dalam kegiatan Peran Saka Jawa Barat Tahun 2018 :
• Tangan kiri mengepal mengarah ke atas, menggambarkan semangat, kekuatan jas mani dan rohani, serta melambangkan persatuan yang kokoh. Juga sebagai pesan kepada para anggota saka-saka yang ada walaupun berbeda-beda satuan karya namun kita adalah satu Pramuka.

• Tangan kanan membentuk isyarat menaikkan ibu jari,seperti yang kita telah ketahui bahwa isyarat ini melambangkan kebaikan,nilai positif dan hal-hal baik lainnya. Sama seperti kegiatan ini yang juga banyak mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan nilai-nilai positif serta juga mengembangkan dan menyalurkan bakat diri kita untuk menghadapi kemajuan zaman nantinya.

• Badan yang kekar, menggambarkan bahwa para Pramuka Jawa Barat adalah para patriot sejati yang senantiasa memiliki nilai-nilai budaya, Nasionalisme dan nilai religius yang tinggi yang nantinya akan membawa para Pramuka Jawa Barat menjadi pribadi yang bermanfaat di masa mendatang.

• Pakaian seragam Pramuka, melambangkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh para Pramuka Jawa Barat yang bergabung dalam satuan karya di daerahnya masing-masing.

Demikanlah penjelasan arti dan makna Maskot dari kegiatan Peran Saka Jawa Barat Tahun 2018 ini, dan untuk selanjutnya maskot ini diberi nama TORA yang berarti “Harimau”dalam bahasa jepang dan juga singkatan dari nama latin harimau jawa ini yaitu Panthera Tigris Son.

Editor – 18096 ; Hidir Jatniko – 18097

Top