You are here
Home > Berita Daerah > Upaya Pelestarian Objek Cagar Budaya Melalui Kemah Cagar Budaya

Upaya Pelestarian Objek Cagar Budaya Melalui Kemah Cagar Budaya

PRAMUKANEWS | Sebanyak 160 Penegak berbondong-bondong pada tanggal (05-07/09) memadati halaman Museum Majapahit Trowulan Mojokerto guna mengikuti Kemah Cagar Budaya 2018. Para peserta Kemah Cagar Budaya tersebut terdiri dari anggota Penegak perwakillan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka seluruh Kabupaten se Jawa Timur, perwakilan Kwarda DIY, dan perwakillan Kwarda Jawa Tengah.

Ruang lingkup kegiatan meliputi penyampaian beberapa materi terkait peninggalan benda cagar budaya maupun Situs Cagar Budaya, para peserta juga dibekali pengembangan diri baik bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial.

Selain materi tersebut, para peserta juga diajak observasi situs-situs di Kawasan Cagar Budaya Trowulan diantaranya Situs Gapura Bajang Ratu, Situs Candi Tikus, dan Situs Candi Kedaton atau Sumur Upas. Tatkala mengunjungi beberapa situs terdapat para peserta berpartisipasi aktif dalam upaya publikasi benda maupun Situs Cagar Budaya dengan melakukan pendeskripsian dan reportase karena hal tersebut memang dilombakan dalam kegiatan.

Sebagai usaha meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang cara atau aturan penanganan temuan objek yang diduga benda atau Situs Cagar Budaya, para panitia mengajak peserta praktek langsung mengenai simulasi ekskavasi. Pada saat simulasi ekskavasi banyak barang yang ditemukan para peserta yang membuat gembira setelah menggali sedalam 5-10 cm diantaranya pecahan cobek, pecahan arca, dan pecahan kendi.

“Saya bangga sekali dapat mengikuti Kemah Cagar Budaya di Trowulan ini. Saya memiliki banyak teman, belajar bahasa baru, dan belajar mengenai cagar budaya. Sayangnya sampai sekarang saya masih bingung dengan Bahasa Jawa Timur, tapi tidak apa karena hal tersebut menandakan Indonesia memiliki ragam suku bahasa. Saya bangga menjadi Indonesia” ujar Mufti, perwakilan Kwarda DIY. (FD). (FARA DIBA – 18031 | EDITOR : AGIL SEPTIAN MARDANI – 18029)

2 thoughts on “Upaya Pelestarian Objek Cagar Budaya Melalui Kemah Cagar Budaya

Top