You are here
Home > Berita Nasional > RIBUAN PEMBINA PRAMUKA IKUTI PENGKADERAN

RIBUAN PEMBINA PRAMUKA IKUTI PENGKADERAN

PRAMUKANEWS | Karang Pamitran Nasional berlokasi di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Acara ini dilaksanakan pada 13 – 19 Agustus 2018 Desa Lebakharjo dipilih karena memiliki keunikan tersendiri yang mana terlahir dari rahim Trisatya dan Dasadharma yang mengeliat bersama pramuka. Pada tahun 1978 tempat ini dijadikan lokasi kegiatan nasional yaitu PW ASPAC dan World COMDECA pada tahun 1993.

Upacara pembukaan kegiatan Karang Pamitran Nasional yang bertepatan dengan Upacara Hari Pramuka 14 Agustus dibuka langsung oleh Kak Mabida Jawa Timur yaitu Dr. H. Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo.

Karang Pamitran yaitu, berkumpulnya para pembina dan pelatih bersama-sama untuk saling bertukar pikiran serta inovasi bagaimana cara membina dan melatih. Kali ini Karang Pamitran Nasional 2018 mengambil tema Mendidik, Membanggkan, dan Membahagiakan Indonesia.

Karang Pamitran Nasional (KPN) ini diikuti oleh utusan dari Kwartir Cabang dan Kwartir Daerah se-Indonesia, yang dijadikan sebagai ajang untuk menambah wawasan, pengetahuan, meningkatkan pengalaman dan keterampilan para pembina pramuka, pelatih, pamong saka dan kepala pusdiklat.

Saat kegiatan berlangsung para pembina ditempatkan di rumah-rumah warga dengan tiap rumah bersama peserta dari Kwartir Cabang maupun Kwartir Daerah yang lain karena selama disana dibedakan antara perkampungan untuk pembina siaga , penggalang , penegak , pamong saka, dan kepala pusdiklat.

“Saya berharap setelah diadakannya acara Karang Pamitran Nasional ini para peserta dapat mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari dan bisa diterapkan untuk anak didiknya masing masing.” Ujar Kak Suyatno, selaku Ketua Pelaksana Karang Pamitran Nasional saat diwawancarai.

( HAYYIN NURUL AINI-18023 | EDITOR WIDIA FAJRIANI-18027 )

Top