You are here
Home > Berita Ranting > SAKA BHAYANGKARA POLSEK WANGON LATIH KRIDA

SAKA BHAYANGKARA POLSEK WANGON LATIH KRIDA

PRAMUKANEWS.COM | Wangon : Saka Bhayangkara Polsek Wangon Latih Krida

Dewan Saka Bhayangkara ikuti diklat krida pada (1/9) s.d (2/9) di Gandarusa Cikakak. Kegiatan selama 2 hari ini dilalui dengan sistem pengembaraan, dimana para peserta dibekali konsumsi seminim mungkin.

Pendidikan ini didasari dengan kegiatan terprogram di Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Wangon, bagi setiap dewan yang telah menyelesaikan SKU Rastra maka dilanjutkan dengan SKU Krida. “Krida di Saka Bhayangkara terdiri dari 4 macam, ada Lantas, Tibmas, TKP dan PPB”. Ucap Adiyono selaku kordinator kegiatan.

” Setiap peserta dibekali peralatan sesuai dengan kridanya, dengan titik tempuh perjalanan hanya 6jam menuju TKP”. Tambah adiyono.

Kegiatan pendidikan dan latihan ini tergolong extreme karena peserta dibebani peralatan yang cukup banyak, mereka harus siap bertatangan dengan medan yang luar biasa. Dengan suhu yang cukup extreme saat malam hari di Desa Gandarusa membuat para peserta akan kedinginan jika tidak dipersiapkan dengan matang dalam mempersiapkan peralatan.
Konsumsi sendiri ditanggung oleh peserta, peserta dibekali benda tajam dan mereka akan berpetualang dihutan Cikakak untuk mencari makanan dan minuman seadanya.

Aiptu Susilo selaku Pamong Saka menyatakan ” Dewan saka harus terlatih dan terdidik, tidak hanya mumpuni diteori tapi fisik juga harus dibekali, namun ketaqwaan juga tetap harus dijaga”. Ucapnya.

Dari keempat krida setiap penguji akan memberikan uji praktik ke setiap peserta yang disesuaikan dengan kridanya, bahkan dari krida PPB atau Pertolongan penanggulangan bencana hanya dibekali ketela untuk konsumsi selama kegiatan, mereka diwajibkan agar bisa hidup survival dalam kegiatan tersebut.

 

Kontributor : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top