You are here
Home > Uncategorized > Pramuka SMAN 1 Lintau Buo Adakan Perkemahan Pelantikan Tamu Ambalan dan Kenaikan Tingkat

Pramuka SMAN 1 Lintau Buo Adakan Perkemahan Pelantikan Tamu Ambalan dan Kenaikan Tingkat

Lintau Buo Utara | Gerakan Pramuka sebagai salah satu wadah pembinaan dan senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas materi pendidikan kepramukaan bagi para anggotanya. Gerakan pramuka di setiap sekolah seharusnya mampu memberikan pengalaman yang menarik dan bermanfaat bagi peserta didik sehingga mereka dapat belajar dari setiap kegiatan yang pernah dilaksanakan di ambalannya. Suatu kegiatan yang hendaknya bersifat menarik, menyenangkan, teratur, terarah dan praktis dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak atau karakter.

Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan (10/8) oleh Gudep 04.12/819-820 SMAN 1 Lintau Buo adalah Perkemahan Jum’at – Sabtu (PERJUSA) dalam rangka Pelantikan Tamu Ambalan Tuanku Lintau dan Siti Hajir serta ada juga salah satu anggota yang dilantik naik tingkat menjadi Penegak Laksana yang diadakan di Bumi Perkemahan Lembah Harau,Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
Kegiatan yang merupakan acara puncak dari LATSARKA yang telah dilaksanakan sekitar 1 minggu sebelum kegiatan ini bertujuan agar pramuka yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan membuka hatinya mendapat nilai-nilai positif yang ditanamkan dalam proses pembinaan. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota ambalan yang berjumlah kurang lebih 60 orang dan terdiri dari unsur Dewan Kehormatan Penegak, Pengurus Dewan Ambalan, dan Tamu Ambalan.

Pada upacara pelantikan di Bumi Perkemahan yang berjalan lancar dan khidmat dilantik sebanyak 30 orang Tamu Ambalan Tuanku Lintau dan Siti Hajr serta 1 orang naik tingkat menjadi Penegak Laksana. Dalam amanatnya Kak Saflidar S.Pd M.Si selaku pembina gudep mengharapkan agar anggota pramuka SMAN 1 Lintau tidak hanya berhenti sampai pelantikan saja, melainkan terus berusaha dan berjuang untuk dapat mengharumkan nama gudep 04.12/819-820 di Kabupaten maupun Provinsi bahkan di Nasional. Selepas upacara pelantikan semua anggota yang dilantik diminumkan air suci dengan tujuan agar meningkatkan rasa persaudaraan dan kekompakan antar sesama anggota serta agar anggota yang dilantik merasakan bahwa mendapatkan kacu itu tidak mudah, butuh usaha dan pengorbanan.

Pada perkemahan kali ini juga dihadiri oleh Pembina Pramuka SMAN 1 Lintau Buo, diantaranya : kak Alextra Juanda S.Pd dan kak Mutya Rano S.Pd serta Purna Bakti Pramuka SMAN 1 Lintau Buo sekaligus yang membantu pembina dari awal sampai akhir dalam acara PERJUSA ini yaitu kak Yoga Pratama.
Selain pelantikan juga diadakan berbagai kegiatan lain selama PERJUSA ini, seperti Lomba Cerdas Cermas, Lomba Miniatur Pionering, Hiking, dll. Pada akhir kegiatan diadakan Api Unggun. Dalam amanatnya kak Saflidar S.Pd M.Si menyatakan,”Anggota pramuka itu adalah seseorang yang hebat, dalam acara ini bukan kita menyembah api, tapi semangat kita bagaikan api yang menyala-nyala, memberikan kehangatan bagi orang yang berada didekatnya, kakak harap pramuka SMAN 1 Lintau Buo semakin berjaya kedepannya dan menjadi contoh bagi organisasi-organisai lain yang ada disekolah”.

Setelah acara api unggun, semua yang ada di Buper langsung mengemas peralatan dan bersiap–siap untuk menuju ke Lintau kembali pada jam 10.00 WIB (11/8).
“Pendapat saya mengenai camping di Harau kemarin, acaranya sangat menyenangkan, karena sumber air dekat dan banyak, tempat ibadah juga bagus, serta kegiatan yang dilakukan juga bermanfaat. Mudah – mudahan acara ini dapat memacu semangat persatuan dan kesatuan serta mendidik karakter dari anggota” ucap kak Rahmatul Mufidah Arif, salah seorang panitia pelaksana.

(MUHAMMAD REZA ERFIT)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.

One thought on “Pramuka SMAN 1 Lintau Buo Adakan Perkemahan Pelantikan Tamu Ambalan dan Kenaikan Tingkat

Top