You are here
Home > Uncategorized > Amaliyah Ramadhan, Racana Soedirman Berbagi

Amaliyah Ramadhan, Racana Soedirman Berbagi

Amaliyah Ramadhan, Racana Soedirman Berbagi

Racana Soedirman Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto menggelar kegiatan amaliyah ramadhan Sabtu-Minggu (2-3/6) di Desa Wlahar kulon Kecamatan Patikraja. Kegiatan diisi dengan kegiatan penyuluhan pertanian, lomba anak islami, bazar, dan santunan. Acara dibuka oleh pembina pramuka Racana Soedirman Kak Joko.

Kak Joko berharap, kegiatan amaliyah ramadhan bisa membantu warga yang membutuhkan. Salah satu kegiatan berupa penyuluhan budidaya tanaman cabai dan terong. Penyuliuhan ini mendapat tanggapan positif mengingat 100 orang mengikuti kegiatan ini.

“Penyuluhan mengenai teknik budidaya cabai dan terong dilahan pekarangan dirasa pas untuk dilaksanakan jika melihat kondisi lahan pekarangan warga di Wlahar Kulon yang cukup kering,” katanya

Ketua Dewan Racana Ilham Budi Santoso mengatakan kegiatan amaliyah ramadhan berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu 2-3 Juni 2018.

“Selain penyuluhan pertanian juga ada kegiatan lain yaitu santunan anak yatim, lomba ceria anak, bazar murah dan masih banyak lagi,” katanya

Kegiatan lomba islami anak berlangsung di Masjid Jami’ Al Falah. Jenis lomba islami yang diadakan diantaranya yaitu kaligrafi, hafalan surat pendek, adzan, dan fashion show muslimah.

“Sedikitnya ada 50 anak mengikuti kegiatan lomba ini, mereka dengan sangat antusias mengikuti lomba,” katanya

Sedangkan bazar sembako murah dan baju bagus dilaksanakan hari berikutnya yakni hari Minggu (3/6) tak kalah menarik. Sebanyak 129 paket yang didistribusikan untuk Warga RW 1 dan RW 2. Rincian paket sembako yang diberikan diantaranya yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, teh, dan telur.

Kegiatan diakhiri dan ditutup oleh Kepala Desa Wlahar Kulon Kusriadi dengan pembagian hadiah lomba dan santunan anak yatim dan jompo. Perangkat desa dan tokoh masyarakat ikut menyaksikan penutupan ini. Pada acara penutupan juga diserahkan santunan kepada 16 lansia dan 14 anak yatim.

“Terima kasih kepada adik-adik Pramuka dari Racana Soedirman, yang pasti kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan berharap kedepan dapat menjalin kerjsama kembali,” katanya

Masropah

Top