You are here
Home > Berita Cabang > Saka Kencana Diharapkan Menjadi Pelopor Generasi Berencana

Saka Kencana Diharapkan Menjadi Pelopor Generasi Berencana

Saka Kencana Diharapkan Menjadi Pelopor Generasi Berencana

PRAMUKANEWS.COM : Sebanyak 50 orang anggota Pramuka Saka Kencana anggota Saka kencana tingkat kwartir ranting dan kwartir cabang Banyumas, mengikuti kegiatan orientasi satuan karya pramuka keluarga berencana (Saka Kencana). Kegiatan difasilitasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah, berlangsung selama 2 hari Selasa-Rabu (17-18/4) di Hotel Meotel Purwokerto.
Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera DP3AKB Jateng Drs Muhad Juned MH mengatakan Saka Kencana merupakan wadah pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka dalam bidang keluarga berencana, serta sebagai ujung tombak program kependudukan dan keluarga berencana.
“Untuk itu saya berharap setelah orientasi ini Saka Kencana dapat menjadi pelopor generasi berencana dan berperan dalam pembangunan keluarga, serta memiliki rasa tanggung jawab dalam mewujudkan kesadaran kependudukan dalam keluarga,” pesanya.
Muhad mengungkapkan, salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan orientasi Saka Kencana adalah untuk memberikan pemahaman saka kencana dan membekali pengetahuan dasar-dasar keluarga berencana. Materi yang diberikan antara lain pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi remaja, HIV dan Aids, bahaya napza, membentuk remaja berkarakter dan krida saka kencana.
“Dengan kegiatan orientasi ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang Saka Kencana dan berbagai kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan materi-materi Kependudukan, Keluarga Berencana dan berbagai hal lainnya yang terkait dalam mewujudkan generasi yang sehat cerdas dan berencana,” katanya
Kuat salah satu peserta mengaku senang dapat mengikuti kegiatan. Salain menambah ilmu tentu akan menjadi percaya diri dalam memberikan informasi tentang keluarga berencana dan generasi berencana.
“Ada dua keutungan dalam kegiatan ini yang pertama ilmu tentang keluarga berencana dan yang kedua sebagai kaderisasi saka kencana,” katanya.
Wahyu Ashari

Top