You are here
Home > Uncategorized > Dewan Penggalang SMP N 3 Karanglewas Dikukuhkan

Dewan Penggalang SMP N 3 Karanglewas Dikukuhkan

Dewan Penggalang SMP N 3 Karanglewas Dikukuhkan

PRAMUKANEWS.COM : Dewan Penggalang Regu Inti Laba-laba -Teratai (Baterai) Gugus depan SMP Negeri 3 Karanglewas dikukuhkan Minggu (18/3) di danau Rawa Kumpe Desa Gununglurah kecamatan Cilongok. Pengukuhan dilakukan oleh Pembina Pramuka Ali Imron dan disaksikan Corps Alumni Laba-laba Teratai (Combat). Combat dari berbagai angkatan itu turut mensuport adik-adiknya dalam berkegiatan.

Ali Imron mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan ke-3 sebagai penguatan Dewan Penggalang. Untuk rangkaian acara pengukuhan, sudah dimulai sejak Jumat (16/3) dan diikuti oleh 24 Dewan Penggalang yang terdiri dari 9 putra dan 15 putri yang sudah dilantik pada kegiatan Persami sebelumnya.

“Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan anggota baik secara individual maupun kelompok terutama dibidang teknik kepramukaan, ketahanan fisik dan kerjasama,” katanya

Para peserta harus berjalan kaki (Long March) dari SMPN 3 Karanglewas sampai Danau Rawa kumpe menempuh perjalanan kurang lebih 10 KM, harus melewati jalanan yang cukup menanjak ditempuh kurang lebih 4 jam. Dalam perjalanan ini mereka saling mensuport, membangun kebersamaan untuk mencapai tujuan.

“Setelah Sampai di Telaga Kumpe, mereka langsung mendirikan Bivak (Tenda darurat) yang dibuat dengan menggunakan terpal, tongkat, tali dan beralaskan terpal. Bivak ini digunakan peserta untuk beristirahat dan tidur,” tambahnya

Wakil Pratama Abdi Ajar Susilo yang juga Pramuka Penggalang Garuda Kwarcab Banyumas, mengungkapkan kegiatan sangat berguna dalam pembentukan fisik, karakter dan mental masing-masing individu.

“Saya berharap kegiatan seperti ini akan menjadi acara tradisi setiap tahunnya,” harap Abdi

Niko Pramono

Top