You are here
Home > Berita Cabang > Anggota Ubaloka Banyumas Ikuti Seleksi Lomba Lintas Medan

Anggota Ubaloka Banyumas Ikuti Seleksi Lomba Lintas Medan

Anggota Ubaloka Banyumas Ikuti Seleksi Lomba Lintas Medan

PRAMUKANEWS : Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas, mengadakan seleksi calon kontingen LombLintas Medan Ubaloka Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah. Kegiatan diikuti oleh 22 anggota Ubaloka. Mereka berebut untuk menjadi kontingen Kwarcab Banyumas.

Komandan Ubaloka Kwartir Cabang Banyumas Doni Damara Triswidiyan Jumat sore (16/3) mengatakan seleksi peserta seleksi sebanyak 22 peserta ang terdiri dari 8 orang putri dan 14 orang putra. Peserta akan dipilih menjadi kontingen Kwarcab Banyumas, masing-masing 3 orang putra dan 3 orang putri.

“Seleksi dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan Rabu (14/3) dengan materi seleksi kesemaptaan antara lain lari 12 menit, sit up, push up, suttle run dan ketahanan fisik, serta ujian tertulis tentang SAR dan Ubaloka,” katanya disela-sela seleksi

Tahap yang kedua dilaksanakan Jumat (16/3) dengan materi seleksi renang dengan kedalaman air 250 m untuk putra-putri, renang bolak-balik 50m serta water trappen minimal 3 menit dan wawancara.

Doni menambahkan Lintas Medan Ubaloka merupakan agenda 5 tahunan, yang digelar oleh Kwarda Jawa Tengah sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali. Sehingga tidak semua anggota Ubaloka dapat mengikuti kegiatan ini.

“Selain ada unsur lombanya kegiatan khusus ini juga sebagai sebagai bahan evaluasi Kwartir Daerah Jawa Tengah kepada proses pembinaan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA),” tambahnya.

Para anggota yang akan terpilih nantinya akan mengikuti pendidikan dan latihan tambahan agar saat pelksanaan yaitu tanggal 1-5 Mei 2018 mendatang dalam kondisi siap. Karena Ubaloka Banyumas mempunyai catatan menjadi Juara III pada tahun 2013 lalu.

“Juara bukanlah harapan satu-satunya, akan tetapi kita mencari bagaimana peserta atau teman-teman yang baru ini mempunyai pengalaman. Namun dengan persiapan yang cukup tentu kita akan menunjukan kemampuan maksimal,” pungkas komandan Ubaloka.

Weni Gamma Rahmawati Putri
Unit Jurnalistik DKC Banyumas

Top