You are here
Home > Berita Cabang > 128 Regu Ikuti Lomba Jelajah Galang SD/MI

128 Regu Ikuti Lomba Jelajah Galang SD/MI

Pinru menerima penghargaan, pada upacara penutupan

PRAMUKANEWS.COM CILONGOK BANYUMAS : Sebanyak 128 Regu Penggalang SD/MI Se Kwaran Cilongok mengikuti Lomba Jelajah Galang 2018. Kegiatan dibuka oleh Camat Cilongok Lukman Nazarudin selaku ketua Mabiran Cilongok (24/2) di Lapangan Desa Gununglurah.

Ketua Mabiran dalam sambutanya mengatakan Pramuka sangat identik dengan pendidikan karakter yang dapat membentengi generasi penerus dari pengaruh negatif yang dapat merusak moral generasi muda.

“Karakter Pramuka sangat selaras dengan karakter Bangsa Indonesia yang terdiri dari keberagaman suku, bahasa, agama, maupun budaya” katanya

Lukman juga menyampaikan prestasi Cilongok khususnya SDN 1 Sambirata meraih prestasi tingkat nasional, diharapkan menjadi cambuk bagi semua pangkalan di wilayah Kwaran Cilongok untuk membina andiknya sebaik-baiknya sehingga jadikan Cilongok sebagai “Lumbung Prestasi”.

Ketua Kwrran Untung Sanyoto mengatakan Lomba Jelajah Galang tingkat SD/MI di 128 regu terdiri dari 65 regu putra dan 63 regu putri yang merupakan wakil dari masing-masing pangkalan SD/MI. Menunurtnya dengan adanya lomba, skill dan kedisiplinan anak didik akan lebih terasah dan meningkat sehingga kedepan Kwaran Cilongok selalu mempunyai stok bibit (Pramuka)yang berkwalitas.

“Lomba ini merupakan lomba penjelajahan dimana setiap regu wajib menyelesaikan 8 (Delapan) pos yang terdiri dari; Pos Sandi dan Morse, Pos Pengetahuan Umum (PU) dan Pengetahuan Kepramukaan (PK), Pos KIM (penciuman dan penglihatan), Pos Menaksir, Pos Halang Rintang, Pos Panorama, serta Pos Yel Regu,” terangnya

Untungh menambahkan Lomba Jelajah Galang ini adalah lomba Kepramukaan yang baru pertama kali diadakan di Kwaran Cilongok. Hal ini dilakukan supaya kegiatan kepramukaan di Cilongok tidak monoton.

“Kegiatan bertujuan untuk menguji ketrampilan dan kecakapan peserta didik (andik) dalam mengaplikasikan ilmu kepramukaan yang di peroleh di pangkalan masing-masing,” katanya

Ketua Panitia Puji Widadi, usai kegiatan mengumumkan bahwa SD Negeri 1 Sokawera berhasil menjadi juara 1 putra dan diikuti oleh MIMA 1 Pageraji Juara2, SDN 1 Sambirata Juara 3, SDN 2 Rancamaya Juara Harapan 1, SDN 1 Langgongsari Juara Harapan 2, dan SDN 1 Gununglurah Juara Harapan.

Sedangkan untuk regu putri MIMA 1 Pageraji Juara 1, SDN 1 Sambirata Juara 2, SDN 1 Sokawera Juara 3, SDN 1 Langgongsari Juara Harapan 1, SDN 1 Gununglurah Juara Harapan 2, serta MIMA 1 Sokawera Juara Harapan 3.

“Semua pemenang mendapatkan tropi dan piagam kejuaraan serta bagi juara 1 (satu) dan 2 (dua) berhak untuk mengikuti Jambore di Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas,” kata Puji

Dodi Humas Abdimas Kwaran Cilongok

Top