You are here
Home > Berita Cabang > Kepala OPD di Tegal, Semangat Ikuti Kursus Mabi

Kepala OPD di Tegal, Semangat Ikuti Kursus Mabi

SONY DSC

PRAMUKANEWS.COM, SLAWI – Hujan yang mengguyur  wilayah Bumijawa tak menyurutkan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tegal untuk mengikuti Kursus Orientasi Singkat (KOS) Mabi yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal 2017, Kamis- Jumat (21-22/12) di Cotel Bumijawa, Jl. Wredameta Bumijawa Kabupaten Tegal.

 

Selain Kepala OPD, KOS Mabi juga diikuti para Muspika se Kabupaten Tegal yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil selaku jajaran Majelis Pembimbing Ranting.

 

Acara turut dihadiri Wakil Ketua Kwarnas Prof Slamet Budi Prayitno, Bupati Tegal, Enthus Susmono selaku Ketua Mabicab, Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah selaku Ketua Harian Mabicab, Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto selaku Wakil Ketua Mabicab, Sekretaris Daerah dokter Widodo Joko Mulyono dan unsur Forkompimda.

 

Ketua Kwarcab Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono mengatakan, acara di penghujung tahun ini ditujukan agar Dasa Dharma dan Trisatya Pramuka sebagai nilai-nilai luhur kehidupan bisa mendasari semua perangkat Daerah dalam bekerja membangun Kabupaten Tegal.

 

“Pramuka meningkatkan sumber daya kaum muda untuk terus melestarikan keutuhan NKRI yang ber Bhinneka Tunggal Ika dan Ideologi Pancasila dalam kehidupan rakyat,” ujarnya

 

Menurutnya, KOS ini membekali peserta dengan Visi, Misi Gerakan Pramuka serta komitmen bersama untuk mengembangkan Gerakan Pramuka di Tegal termasuk dengan pengembangan Saka-Saka (Satuan Karya) yang ada di Kabupaten Tegal. “Tugas pokok Gerakan Pramuka pada prinsipnya adalah membina anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tinggi moral, kecerdasan dan mutu ketrampilannya” papar Sekda Tegal itu.

 

dokter Joko menambahkan, pendidikan kepramukaan itu bukan tepuk-tepuk dan bernyanyi saja. Apalagi ada yang beranggapan hanya menghamburkan uang saja, akan tetapi ada 3 kegiatan yang terkandung di dalamnya. “Pendidikan Pramuka mengandung nilai pendidikan karakter, wawasan kebangsaan dan ketrampilan hidup (life skil),” imbuhnya

 

Sementara itu Bupati Tegal, Enthus Susmono menyampaikan terimakasih kepada semua Majelis Pembibing Gerakan Pramuka yang telah bekerja sama dan berkarya untuk Kabupaten Tegal.

 

“Setelah KOS ini diharapkan ada semangat baru jiwa Pramuka pada semua OPD beserta jajarannya dalam bekerja di tahun 2018. Kedepan harapannya ada sinergitas antara Mabi dan Pramuka,” tandas Enthus

 

Acara KOS Mabi juga menghadirkan Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Binamuda Prof Slamet Budi Prayitno, Sekretaris Kwarda Jateng Ir Yoki Agung Suparyoko dan Wakil Ketua Pusdiklatda Jawa Tengah kak Mung. (Has@n)

Top