You are here
Home > Berita Cabang > PRAMUKA SURAKARTA BERKUNJUNG KE BANYUMAS

PRAMUKA SURAKARTA BERKUNJUNG KE BANYUMAS

Ketua Kwarcab Banyumas dan Surakarta bertukar cindera mata

PRAMUKANEWS.COM : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Surakarta berkunjung ke Kwarcab Banyumas Jawa Tegah, Sabtu (8/12) di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Jl. Suharso Purwokerto. Rombongan Kwarcab Surakarta dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcabnya Dr. H. Achmad Purnomo, Apt yang juga Wakil Wali Kota Surakarta. Rombongan yang berjumlah 34 orang tersebut diterima oleh Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan, Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono dengan didampingi jajajan pengurus, andalan dan Dewan Kerja Cabang (DKC).

Ketua Kwarcab Surakarta Achmad Purnomo menyampaikan bahwa pihaknya mengamati prestasi yang diraih Banyumas selama ini begitu luar biasa. Untuk itu pihaknya ingin melihat dari dekat dan ingin belajar cara pengelolaan kwartir di Banyumas

“Kami ingin belajar dan mengetahui dari dekat tentang pengelolaan berbagai bidang di Kwarcab Banyumas, sehingga kedepan kami bisa meniru,” kata Achmad.

Achmad melanjutkan Pramuka Surakarta terus berupaya untuk mengelola kegiatan pramuka dengan baik, namun masih belum bisa berbicara dalam prestasi di tingkat Jawa Tengah. Ia menilai Kwarcab Banyumas menjadi tempat belajar yang baik.

”Karena Banyumas telah terbukti dengan berbagai prestasi, maka kami membawa pengurus, andalan cabang dan DKC, untuk belajar cara yang baik dan benar, dalam pengelolaan organisasi. Sekaligus saya merasa pulang kampung karena saya Alumni SMA N 1 Purwokerto,” lanjutnya

Ketua Kwarcab Banyumas menyambut baik kunjungan dari Kwarcab Surakarta, karena akan terjalin silaturahmi juga saling menyemangati dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan pramuka. Partono menyampaikan Banyumas sering menjadi jujugan kunjungan oleh Kwarcab lain karena dianggap berhasil melaksanakan kegiatan pramuka dengan berbagai prestasi yang diperoleh.

“Dengan kunjungan seperti ini sebenarnya, semua saling belajar dan menyandingkan apa yang dilaksanakan kedua kwarcab,” kata Partono.

Partono mengatakan sebenarnya penilaian oleh Kwarda yang terpenting bukan menang-menangan, tetapi sebagai bahan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh masing-masing Kwarcab.

Usai penilaian Sekretarris DKC Surakarta Brian Priyo Pratomo menilai Pramuka Banyumas luar biasa dan menginpirasi dirinya untuk mengelola kegiatan DKC dengan lebih baik.

“Dengan kunjungan ini, kami termotivasi untuk mengelola Unit DKC Surakarta seperti Banyumas yang sudah dapat berkolaborasi dengan Pemkab dan Gugus Depan. Semoga ini menjadi pemacu dalam kegiatan kami kedepan,” katanya.

Setelah penerimaan seremonial, para pengurus dan andalan cabang dipersilahkan saling berkomunikasi antar bidang. Acara diakhiri dengan tukar menukar cindera mata. Kwarcab Banyumas memberikan cidera mata yang bergambarkan kudi, yang menjadi salah satu senjatanya Banyumas.

Parsito

Top