You are here
Home > Berita Cabang > RATUSAN PRAMUKA BANYUMAS IKUTI BERSIH SUNGAI

RATUSAN PRAMUKA BANYUMAS IKUTI BERSIH SUNGAI

Ratusan Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas membersihkan Sungai Kranji Purwokerto (Foto Parsito)

PRAMUKANEWS.COM – Ratusan Pramuka yang terdiri dari Pramuka Saka Kalpataru dan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, ikut ambil bagian dalam bersih sungai yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas. Kegiatan sendiri melibatkan ribuan relawan guna melakukan kegiatan bersih-bersih sungai dalam kegiatan pencanangan restorasi sungai (Minggu (3/12). Kegiatan Pencanangan Restorasi Sungai dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein di Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) Sungai Kranji Purwokerto.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Irawadi, mengatakan, ribuan relawan bersih-bersih sungai tersebut berasal dari seluruh komponen masyarakat. Di antaranya mulai dari masyarakat umum, PNS , TNI, Polri, LSM, mahasiswa, pelajar, pramuka dan juga relawan peduli sungai (Pesung).

Kegiatan merestorasi sungai menurut Irawadi merupakan upaya untuk mengembalikan dan memulihkan fungsi sungai menjadi salah satu tempat yang alami, bersih, sehat bermanfaat dan berkelanjutan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhan cinta air dan sungai serta masyarakat sadar akan kebersihan sungai sehingga akan menjadi penjaga sungai.

“Kegiatan bersih sungai hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Banyumas. Diantaranya Sungai Kranji sekitar SMP N 1 Purwokerto, Sungai Bener Komplek Sriratu, Sungai Banjaran sekitar Musium BRI, Sungai Kaliputih Sekitar Rodamas, Sungai Bakal Komplek Sekitar Rumah Sakit Sinar Kasih, Sungai Pengarengan Komplek RRI, Sungai Logawa Cilongok, Sungai Datar Ajibarang, Sungai Berem Wangon, Sungai Pelus Sokaraja, Sungai Tembelang Banyumas dan sungai Sumpiuh,” kata Irawadi

Pembina Saka Kalpataru Subarkah mengatakan kegiatan merestorasi sungai ini adalah bagian untuk melestarikan sungai menjadi salah satu tempat yang alami, bersih dan bisa dinikmati banyak orang. Sehingga menjadi salah satu tugas dari saka kalpataru.

“Kita ikut membantu dalam upaya dan terus menata sungai serta mengembalikan fungsi sungai agar terhindar dari pencemaran. Kegiatan ini diharapkan akan membangkitkan semangat masyarakat ikut peduli terhadap kebersihan sungai,” papar Barkah

Parsito

Top