You are here
Home > Berita Ranting > KWARRAN TAMBAK SELENGGARAKAN DIANPINRU PLUS

KWARRAN TAMBAK SELENGGARAKAN DIANPINRU PLUS

Kwarran Tambak Selenggarakan Dianpinru Plus

PRAMUKANEWS BANYUMAS : Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tambak selama 3 (tiga) hari menggelar kegiatan Gladian Pemimpin Regu (DIANPINRU) dan Latihan Gabungan Bersama (LATGAB) Scouting Skill bagi Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SMP/MTs se- Kwartir Ranting Tambak pada hari Jum’at – Minggu, 10 – 12 Nopember 2017 bertempat di SMP Negeri 2 Tambak. Kegiatan di buka oleh Ketua Kwartir Ranting Tambak Kak Sarana, S.Pd.

“Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru adalah kegiatan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru), yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan” jelas Kak Wahyu Satoto Indar Andalan Ranting Tambak urusan BINAMUDA. “selain DIANPINRU ini, kami juga menyelenggarakan Latihan Gabung Bersama pengingkatan kemampuan Scouting Skill, sehingga diharapkan selain peserta tidak hanya menerima materi teori kepemimpinan dan kedisiplinan, namun mereka juga menerima materi Scouting Skill, untuk menyamakan cara dan teknik dalam kegiatan scouting skill” pungkas Toto.

“Materi di DIANPINRU kami berikan diantaranya adalah Kepemimpinan, Administrasi Regu dan Pasukan, Sejarah Kepanduan dan Dewan Satuan Pramuka Penggalang. Kemudian untuk Scouting Skill-nya yang kami berikan sesuai dengan permintaan Panitia yaitu Pengetahuan Kompas, Perpetaan (Peta Lapangan, Peta Panorama, Peta Pita dan Peta Perjalanan), PBB Dasar, Kolone Tongkat, Langkah Pramuka dan Berbivak” terang Kak H Ady Candra selaku Kepala Tim Instruktur. “Selain itu, mereka juga harus tinggal di Tenda Barak bersama – sama yang didirikan oleh Peserta dengan dipandu oleh Tagana Kabupaten Banyumas, serta kami berikan Penanaman dan Pembinaan mental dan fisik, agar supaya mereka lebih tanggap, tangguh, trampil dan trengginas” pungkas Ady

Salah satu peserta yakni Maura Puspawardani dari utusan SMP Negeri 1 Tambak mengatakan “saya sangat terkesan dan bangga bisa ikut kegiatan ini. Selain dapat teman baru, saya juga tambah ilmu baru. Awalnya saya berpikiran kegiatan ini akan santai – santai, ternyata setelah kehadiran Instruktur kegiatan jadi sangat dinamis dan sangat displin. Kami harus bisa menyesuaikan dengan jadwal yang telah disusun, kami juga harus mentaati tata tertib yang kami buat sendiri. Pokoknya salah sedikit saja pasti kami dimarahi Instruktur, dihukum. Tapi bagi kami semua, itu karena kesalahan kami sendiri, tentu kami terima, walau dengan hati dongkol’ akhir Maura. Berbeda dengan Zaqi dari MTs Negeri Tambak “saya sangat tertantang sekali, disini kami diajari Kejujuran, Keberanian dan Kekompakan. Kita harus berani salah, berani disalahkan, harus menjawab pertanyaan walaupun jawaban salah daripada kami diam tidak menjawab. Pokonya disini kami dilatih agar berani berbicara, mengungkapkan ide atau gagasan. Awalnya saya sangat takut dengan Instruktur, tapi setelah selesai tadi di Upacara Penutupan kami jadi merasa kehilangan karena para Instruktur telah memberikan ilmu dan pengetahuan pada kami diluar bangku sekolah, diluar pelajaran yang biasa kami terima.” Akhir Zaqi.

Kegiatan DIANPINRU Plus Kwartir Ranting Tambak akan dilaksanakan kembali 2 (dua) tahun yang akan datang, sebagai Program dari Kwartir Ranting Tambak khususnya Bidang BINAMUDA. Kegiatan ditutup oleh Kak Wahyu Satoto Indar selaku Andalan Ranting Urusan BINAMUDA, dan diberikan Pin Regu Tergiat bidang Perpetaan, Kekompakan dan Kreatifitas

Top