You are here
Home > Berita Cabang > SDN 1 Sambirata Juara Gudep Unggul Tingkat Nasional

SDN 1 Sambirata Juara Gudep Unggul Tingkat Nasional

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : SDN 1 Sambirata Juara Gudep Unggul Tingkat Nasional

Proses panjang penilaian lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul Tingkat Nasional akhirnya membuahkan hasil maksimal, bagi Sekolah Dasar Negeri 1 Sambirata Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.

Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dimulai pada Bulan Agustus lalu. Sedangkan Final Lomba Gudep Unggul dan Festival Penggalang Ceria SD Tingkat Nasional, diselenggarakan di Grand Mulya Hotel and Convention, Bogor tanggal 17-21 Oktober 2017.

Gudep berpangkalan di SD yang berada di lereng selatan Gunung Slamet itu, berhak menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional. Wakil Provinsi Jawa Tengah terpilih itu, menjadi Juara 1 tingkat nasional mengalahkan 34 Gudep terbaik dari masing-masing Provinsi Se Indonesia. Tidak hanya Gudepnya yang menjadi juara, Regu Putri Matahari Impesa yang dipimpin oleh Pemimin Regu Alfiah Novitasari itu melengkapi catatan prestasi Kwarcab Banyumas, setelah menjadi Jawara.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) SDN 1 Sambirata Untung Sanyoto, S.Pd yang juga Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Cilongok, saat ditemui Senin (23/10) mengaku sempat sedkit grogi, menghadapi penilaian tingkat nasional. “Disamping pengalaman pertama, kami kalah dengan sarana prasarana saat di Bogor.

Walaupun dengan kesederhanaan tetapi administrasi, sumber daya manusia, manajemen, kegiatan, proses, prestasi serta kemitraan kami lebih unggul,” katannya Menurut Untung persaingan ketat terjadi pada tiga Tim. Tim Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten saling mengejar nilai.

Namun atas kerja sama yang baik antara Gudep, Kwaran, Kawrcab sampai Kwarda serta doa restu masayarakat Banyumas dan Jawa Tengah akhirnya SDN 1 Sambiarata menjadi yang terbaik.

“Alhamdulillah kami mendapat penghargaan tingkat nasional untuk Gudep dan Regu Putri, yang penghargaanya diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan,” kata Untang bangga Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria Sekolah Dasar Tingkat Nasional 2017 ini degelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sumber : Parsito

Kontributor : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top