You are here
Home > Berita Cabang > Penggalang Tangguh, ikuti Kegiatan PASCA V Tahun 2017

Penggalang Tangguh, ikuti Kegiatan PASCA V Tahun 2017

Ciamis – Ribuan pramuka penggalang dan penegak bersama sama mengikuti kegiatan Pesta Ambalan Singa Citra V tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi pangkalan SMAN 1 Kawali pada Minggu, 15 Oktober 2017, kegiatan itu sukses digelar dengan mempertemukan 48 Regu Putra dan 79 Regu Putri dan 73 Regu Intern se Provinsi Jawa Barat, mereka berlomba dikegiatan yang bertajuk Bersama Pramuka Gelorakan Semangat Cinta Budaya kegiatan yang dikemas berbeda dari kegiatan sebelumnya, pada pelaksanaan PASCA tahun ini memperebutkan 27 Trophy Kejuaraan.
Disambut dengan tarian selamat datang dari Teater Jagat Kegiatan ini resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Kak Iwa Karniwa (15/10) berpesan “Pramuka itu selalu memberikan inovasi terbaru dalam perkembangan jaman dan menjadi peletak utama kesatuan dan persatuan bangsa”. Hadir mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Asisten Pemerintahan I Kabupaten Ciamis dan BP3 Wilayah VII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dengan semangat Sekretaris Daerah Kak Iwa Karniwa membuka acara PASCA V dengan penabuhan Calung dan melepas pemberangkatan kloter pertama PASCA V yang akan menempuh jarak 15 KM Perjalanan seputar Wilayah Kecamatan Kawali.
Kegiatan ini digelar bukan hanya untuk memperkenalkan Wawasan Wiyatamandala SMAN 1 Kawali juga bertugas untuk memperkenalkan Potensi Pariwisata di Kabupaten Ciamis dan Meningkatkan kembali minat generasi muda untuk mengenal Kesenian dan Kebudayaan Jawa Barat salah satunya Tradisional Game seperti Pecle, Gatrik, Jujungkungan, Tarompah Panjang. Sekaligus Promosi Potensi Wisata Astana Gede sebagai pusat Kerajaaan Sunda pada masanya.
Peserta yang berasal dari penjuru Jawa Barat ini sangat mengapresiasi kegiatan PASCA V Tahun 2017 karena dinilai mirip dengan acara tingkat Nasional walaupun ini baru pertama kali cakupan kegiatan PASCA ditingkat menjadi acara se Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017, mulai dari Publikasi Kegiatan dan Branding Kegiatan.
Dalam kegiatan ini peserta diujikan dengan 9 giat dengan dibagi menjadi 3 Zona Kampung yaitu Kampung Surawisesa mengujikan Giat Semaphore, Morse, Tebak Sandi, Tebak Simpul dan Navigasi, dikampung Citraresmi peserta diujikan dengan Materi KIM Lihat, KIM Cium dan Teknik Bidai / Pembalutan, dan di Kampung Adipati Singacala peserta diujikan kegiatan Tradisional Game.
Kegiatan ini resmi ditutup oleh Ketua Harian Kwarda Jawa Barat Kak Baim Setiawan pada Minggu petang, dalam sambutan penutupnya Kak Baim Setiawan berpesan : “ Agar senantiasa mengamalkan Dasa Darma, kalau kita lihat kegiatan yang selalu eksis itu adalah Pramuka, dan disini bukan hanya mencari pemenang tapi berusaha mengamalkan nilai kesatria” ditutup dengan Slogan Pramuka Pramudi Pramuka Makin Trendi dan Berprestasi.

Hadir sebagai Juara Kategori Putra, Juara 1 MTsN 13 Ciamis, Juara 2 SMPN 1 Panjalu, Juara 3 MTsN 2 Ciamis, Harapan 1 SMP Miftahul Khoer, Harapan 2 SMPN 3 Panumbangan, Harapan 3 SMPN 1 Kawali dan Juara Kategori Putri Juara 1 MTs Rancah, Juara 2 SMP Miftahul Khoer, Juara 3 SMPN 3 Kawali, Harapan 1 MTs Cieurih, Harapan 2 SMPN1 Kawali, Harapan 3 SMPN 1 Lumbung. Kategori Tradisional Game dimenangkan oleh SMP Miftahul Khoer memperebutkan Trophy Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Juara Favorit Regu Denjaka dari MTsN 2 Ciamis dan Juara Umum diperoleh Pangkalan MTs Rancah dengan nilai 738 dan memperoleh piala bergilir Gubernur Jawa Barat.

Dirahapkan kegiatan ini tahun depan menarik minat peserta lebih banyak lagi dan dibutuhkan dukungan dan bantuan pemerintah daerah atau instansi lain untuk mendukung acara Pramuka yang melestarikan kesenian Daerah karena sekarang sedang digelorakan Urban Scouting.

 

Nandi ( Ciamis )

Top