You are here
Home > Berita Ranting > Aksi Pramuka Peduli Sosial dan Budaya Kwartir Pracimantoro

Aksi Pramuka Peduli Sosial dan Budaya Kwartir Pracimantoro

Ada berbagai ekspresi untuk memperingati Dirgahayu Pramuka Indonesia ke-56 tahun ini. Salah satunya yang dilakukan Kwartir Ranting 11.12.07, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. dengan menyelenggarakan Pramuka Peduli Masyarakat kurang mampu dan anak yatim.

Kegiatan tersebut tidak hanya berbagi sembako untuk masyarakat, tetapi juga menampilkan kesenian setempat dengan mengusung Tema Pramuka Peduli Budaya, selain itu juga kegiatan ini didukung dengan adanya aksi bersih lapangan upacara untuk kesiapan HUT RI nantinya.

Ribuan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa ini berkumpul di lapangan Bola kecamatan Pracimantoro, Senin (14/8/2017) pagi. Ratusan pesrta ini diajak langsung dalam kegiatan Pramuka Peduli dengan mengumpulkan segelas beras dan dua bungkus mie instan.

Pramuka Peduli ini melaksanakan kegiatan ini untuk berbagi berbagi kasih dan saling menyangi sesama ciptaan tuhan sebagiama dalam Dhasadharma yang ke-2, sekaligus menyambut HUT Pramuka ini semakin meriah dengan keberadaan berbagai macam kegiatan dari segi sosial, kerohanian dan Kebudayaan.

Kegiatan diawali Renungan malam dan Ulang janji pada 13 malam kemudian dilanjut upacara Hut Pramuka (14/08). Kemudian pentas seni dan diakhiri dengan kegiatan pramuka peduli. Dalam kegiatan tersebut tokoh-tokoh seperti bapak kades juga terlibat langsung dalam pembagian sembako tersebut.

Ketua Kwaran juga berpendapat “semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pramuka tak hanya kegiatan untuk bersenang-senang, akan tetapi pramuka ini adalah suatu wadah untuk membangun karakter sekaligus memupuk jiwa patriotisme dan sosial kepada masyarakat” ujar Bapak Suparjo selaku ketua Kwaran.

Adapun kegiatan ini sangat meriah dan mengesankan bagi anggota pramuka itu sendiri, rata-rata para peserta juga bangga dapat terlibat langsung dalam kegiatan Pramuka Peduli dan Budaya. (Tatang Aditya Sundara)

Top