You are here
Home > Berita Cabang > MISI khusus Pramuka MAN Bontang di Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)

MISI khusus Pramuka MAN Bontang di Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)

PRAMUKANEWS.COM | Bontang. Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang dilaksanakan pada hari senin 17 Juli sampai dengan rabu 19 Juli 2017  tentunya sangat membantu sekolah dalam menyampaikan tata tertib dan kegiatan-kegiatan pengembangan diri serta melatih kedisiplinan dalam mengikuti kegiatan belajar nantinya.

Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang dilaksanakan selama tiga hari beraneka ragam, mulai dari pengenalan lingkungan sekolah, keagamaan, dan promosi ekstrakurikuler dengan unjuk kebolehan tiap cabang ekstrakurikuler. Sosialisasi dan promosi ekstrakurikuler ini bertujuan agar peserta didik baru mengetahui karakteristik dan keunggulan masing-masing ektrakurikuler pilihan sehingga tertarik untuk mendalami salah satu cabang ekstrakurikuler sesuai minat dan bakatnya. Sesuai dengan kurikulum 2013 para peserta didik diwajibkan mengikuti ektrakurikuler wajib yaitu pramuka. Namun demikian, peserta didik diperbolehkan memilih cabang ekstrakurikuler pilihan

Tidak ketinggalan Pramuka MAN Bontang pun tampil dengan keren untuk menyampaikan dan mepresentasikan pada peserta didik baru MAN Bontang. Diantaranya Kak Iqbal dan Kak Syahrul atau yang sering di sapa Kak Calung, dengan semangat mereka untuk menyambut para Tunas Muda Pramuka di MAN Bontang, mereka memberikan materi tentang kepramukaan khususnya penegak, memperkenalkan struktur kepengurusan Pramuka Ambalan MAN Bontang bahkan mempersiapkan hadiah spesial untuk peserta didik baru yang berani untuk maju dan tampil kedepan.

Kak Iqbal selaku Pradana Putra meyampaikan bahwa momentum ini tidak akan kami sia-siakan, karna ini merupakan momentum untuk bisa memperkenalkan pramuka MAN Bontang kepada para peserta didik baru. Karna momen ini momen setahun sekali. Juga tidak akan menyesal kok untuk ikut pramuka karna dari pramuka banyak yang bisa kita dapat seperti Kemandirian, Misalkan suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, terus mendapat keluarga baru tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di dunia pun berkat “pramuka” orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Dunia juga bagaimana pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelajahan alam pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam dan Melalui pramuka juga diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kejujuran dan tanggungjawab. Ujar Kak Iqbal.

Para peserta Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) sangat antusias mendengarkan dan bermain permainan dalam ruangan yang di bawakan oleh kakak-kakak pramuka MAN Bontang, salah satu nya Khadafi dan Zahro mereka pun mengaku sangat senang sekali bisa berhasil menjawab tantangan dari Kak Syahrul dan bisa mendapatkan hadiah dari kak Syahrul. Ketika ditanya oleh Kontributor 032 PRAMUKANEWS.COM adik-adik ini memang aktif di pramuka sejak dari SD, dan kedepannya mereka mengatakan akan aktif di Pramuka MAN Bontang meskipun di MAN Bontang Ekstrakurikuler Pramuka wajib. Mau wajib atau tidak saya tetap Pramuka, karna Pramuka merupakan Organisasi kebanggaan saya kak, “Tutup Khadafi”. (Wawan)

Top