You are here
Home > Berita Cabang > Menuju Raimuna Nasional XI Tahun 2017, Kwarcab Bontan Adakan Pelatihan Water Activity

Menuju Raimuna Nasional XI Tahun 2017, Kwarcab Bontan Adakan Pelatihan Water Activity

PRAMUKANEWS.COM | Bontang. Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar pramuka penegak dan pramuka pandega seluruh indonesia dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. Minggu (16/7) Pelatihan untuk peserta Raimuna Nasional XI yang diadakan oleh kwartir cabang Bontang yang berlokasi di kawasan wisata Bontang Kuala. Kegiatan  ini dimulai dengan Upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan Pelatihan Diving, Water Rescue dan perahu karet oleh BPBD Kota Bontang.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang penegak putra dan 12 orang penegak putri yang terdiri dari 4 sangga. Adapun peserta yang terlibat dalam keikutsertaan Raimuna Nasional XI ini berasal dari beberapa pangkalan penegak se-kota Bontang yang dinyatakan lulus dalam tes seleksi. Pangkalan tersebut yaitu SMAN 1, SMAN2, VIDATRA, YPK, YPL, SULPATI, DHBS dan SMK PB.

Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh kwartir cabang bontang terdiri dari beberapa tahapan, dimana tahapan pertama tentang kelengkapan administrasi peserta, kesiapan fisik dan mental, perlengkapan pendukung perseorangan dan sangga dan terakhir kemampuan dan keterampilan penegak

Kak Samsuddin, Kak Anto juga Kakak-kakak dari BPBD Kota Bontang memberikan materi tentang Diving, Perahu karet dan Water rescue kepada seluruh peserta Raimuna Nasional XI. Walupun hujan kakak-kakak dari BPBD dan seluruh peserta Raimuna Nasional XI tetap antusias dan semangat dalam latihan ini. Dengan semangat kemanusiaan dan keyakinan pentingnya pelatihan ini, kakak-kakak dari BPBD kota Bontang memberikan motivasi kepada peserta Raimuna Nasional XI guna kemajuan kegiatan Raimuna Nasional XI dan bhakti para pramuka kepada masyarakat, harapannya Ilmu yang telah mereka dapatkan setidaknya bermanfaat bagi kehidupan baik dalam ruang lingkup keluarga maupun masyarakat disekitarnya. “Ujar kakak-kakak BPBD Kota Bontang.

Kegiatan ini dibuka oleh kak Yunus Purnomo selaku koordinator TC Raimuna Nasional XI,  kak Yunus pun menyampaikan bahwa melalui pelatihan ini harapannya kedepan akan membentuk team yang dinamakan PRAMUKA PEDULI dimana para pesertanya dari usia penegak, pandega dan pembina serta akan dibekali keterampilan Rescue, PMK dll. Adapun kegiatannya akan bersinergi dengan pihak BPBD dan PMK kota Bontang untuk ikut serta berkontribusi dalam rangka membangun generasi muda yang berdedikasi dan bermartabat dengan satu tujuan mulia “Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana” .(Wawan)

Top