You are here
Home > Berita Cabang > KMD KWARTIR RANTING DUA BOCCOE

KMD KWARTIR RANTING DUA BOCCOE

Salah satu jenjang pendidikan dan pelatihan dalam Gerakan Pramuka bagi anggota dewasa adalah Kursus Mahir bagi para Pembina. Kursus ini terdiri atas dua jenjang yaitu: Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML).
KMD diperuntukkan bagi para Pembina Gugusdepan atau Calon Pembina Gugusdepan, Anggota Mabi, Andalan Kwartir, dan Orang Dewasa lainnya yang telah atau pernah menjadi anggota Pramuka baik Siaga, Penggalang, maupun Penegak/Pandega dan memiliki kemauan untuk menjadi seorang Pembina Pramuka.
Kwartir Ranting Dua Boccoe  Gerakan Pramuka Bone menyelenggarakan Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar (KMD) yang dilaksanakan pada tanggal 05 – 11 Juli 2017 bertempat di Aula Kantor UPTD Kecamatan Dua Boccoe  Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pembina Gudep yang berada diwilayah Kwarran Dua Boccoe, baik tingkatan siaga, penggalang dan penegak, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.
Materi pada kegiatan ini diantaranya
1. Dinamika Kelompok
2. Cara Membina dan sistem among
3. Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan
4. UU No.12/2010, AD & ART Gerakan Pramuka
5. Satuan Karya Pramuka
5. Kode kehormatan, kiasan dasar dan motto
6. Mengelola satuan pramuka
7. Peran, tugas dan tanggung jawab pembina pramuka
8. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG
9. Kepramukaan,sejarah dan pendidikan kepramukaan
10. Upacara
11. Organisasi dan adminstrasi gugus depan
Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membekali para Pembina Pramuka tentang pengertian dasar pendidikan Kepramukaan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan Pramuka di gugus depan, Meningkatkan kualitas Pembina yang bermutu, memahami, menghayati dan mampu mengamalkan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan sistem among kepada peserta didik dan masyarakat.(Kontributor 023)
Top