You are here
Home > Berita Daerah > Inilah Filosofi Praja, Maskot Raida Jabar 2017

Inilah Filosofi Praja, Maskot Raida Jabar 2017

Praja,  Maskot Raida Jabar 2017

Seperti dilansir di Akun Resmi Dewan Kerja Daerah Jawa Barat,  inilah Makna Filosofi Praja yang didesain oleh Sandy Lazuardi :

Secara keseluruhan adalah Pramuka Penegak dan Pandega Jawa Barat yang memiliki tubuh kekar, melompat, menatap kedepan, berwajah ceria penuh semangat dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan. Maskot ini juga berpakaian secara kekinian & gaul yang juga sebagai bagian dari program Urban Scouting yang digagas oleh Pramuka Jawa Barat dengan tujuan maskot bisa diterima oleh seluruh masyarakat khususnya para Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Barat. Berikut adalah penjelasan dari beberapa poin inti yang tersirat dalam maskot ini :

– Tangan Mengepal, menunjukan semangat dan kekuatan dari para Pramuka Penegak dan Pandega Jawa Barat.

– Wajah Menghadap Depan, sebagai bentuk focus kepada tujuan dalam mencapai cita-cita yang mulia.

– Wajah Ceria, ekspresi dari semangat dan gairah mengikuti acara pesta Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Barat ini.

– Badan Kekar, Gambaran dari sifat para Pramuka Jabar yang sehat, kuat dan unggul baik jasmani dan rohaninya.

– Berkaki kuat, simbol pramuka yang terus mau berkarya untuk kemajuan bangsa dan penuh semangat untuk bergerak maju.

– Tatapan tajam, menunjukan tatapan pasti tidak ragu dalam menghadapi tantangan dalam perkembangan zaman.

– Gerakan Melompat, adalah bentuk gerakan hijrah keluar dari zona nyaman menuju kemandirian yang diiringi oleh kemauan untuk bergerak maju untuk perubahan dan tidak takut untuk bersaing dengan keadaan.

Selain filosofi dari ciri-ciri yang telah dimiliki tadi, di dalam gambar maskot ini terdapat arti-arti yang digambarkan untuk menambah kesan dalam acara ini seperti :

– Iket Sunda, merupakan identitas atau khas dari masyarakat Jawa Barat khususnya adat sunda.

– Seragam Pramuka, merupakan identitas bahwa acara ini diikuti oleh para Pramuka Pramuka Penegak dan Pandega se-Jawa Barat.

– Tampilan Scoutlook, adalah gambaran bahwa pramuka kekinian yang bergaya urban namun tidak meninggalkan kesan-kesan historis dari seragam pramuka yg resmi itu sendiri.dan maskot ini diberi nama si Praja yang merupakan singkatan dari kata PRAmuka JAbar.

Maskot ini resmi diluncurkan oleh Kak Dede Yusuf Ketua Kwarda Jawa Barat di Colony Corner, Jalan Sumatera No 31 Petang tadi.

Nandi ( R/29 )

Top