You are here
Home > Berita Gudep > CALON DEWAN AMBALAN IKUTI GLADI BUMI PERWIRA PERTIWI

CALON DEWAN AMBALAN IKUTI GLADI BUMI PERWIRA PERTIWI

PRAMUKANEWS PURWOKERTO : Sebanyak 32 Pramuka Penegak SMA N 3 Purwokerto mengikuti Gladi Bumi Perwira Pertiwi (GBPP) Jum’at-Minggu (19-21/5). Kegiatan diselenggarakan oleh Dewan Ambalan Bhisma Tri dharma dan Dewan Ambalan Dewi Ratih Pangkalan SMA N 3 Purwokerto. Mereka adalah pramuka penegak bantara yang akan menerima estafet kepemimpinan Dewan Ambalan.

Rayhan Bagas Kusuma, Pradana Ambalan Bhisma Tri Dharma mengatakan kegiatan dimulai pada hari Jum’at 19/5 dengan ceramah kepramukaan dan kepemimpinan dilaksanakan di Aula Sekolah yang dibuka oleh Pembina Pramuka, Indrawati Supeni. Hari kedua Sabtu (20/5) kegiatan lapangan berupa widegame, kepemiminan lapangan, pentas seni dan lain sebagainya dilaksanakan di Balai Desa dan Lapangan Desa Windujaya.

“Kegiatan dimaksudkan untuk menambah wawasan, menumbuhkan jiwa kepepimpinan serta mebangun jiwa korsa, agar nantinya dalam melaksanakan tugas sebagai dewan ambalan mereka mampu dan siap menjalankan tugas secara bersama,” katanya

Sedangkan hari ketiga peserta mengikuti long marc dari Lapangan Desa Windujaya menuju Bukit Tranggulasih. Menurut Rayhan, selain mempunyai banyak wawasan dan jiwa kepepimimpinan, Dewan Ambalan juga dituntut memiliki fisik yang prima.

Pembina Pramuka Bustomi mengatakan kegiatan GBPP merupakan kegiatan tradisi pramuka di sekolah ini. Yang mengikuti kegiatan selain calon dewan ambalan, juga purna dewan ambalan yang membantu berbagai kegiatan.

“Kami sebagai Pembina diuntungkan dengan adanya purna ambalan yang masih membantu kegiatan, sehaingga kami cukup memantau dan mengarahkan, agar kegiatan berjalan dengan baik,” katanya.

Menurut Bustomi reorganisasi Ambalan Bhisma Tri Dharma Dewi Ratih biasanya dilaksanakan, saat malam renungan hari Pramuka, setiap tanggal 13 malam 14 Agustus. Ini sebagai rangkaian pendidikan calon dewan ambalan.

“Sebelumnya mereka telah mengikuti ujian bantara, setelah dilantik oleh Mabigus, ada tradisi pengukuhan yang dilaksanakan dalam giat ini, sekaligus ada ujian kecakapan untuk menuju pramuka laksana”, tambah Bustomi.

Weka Halim Muktabar

Top