You are here
Home > Berita Cabang > Puluhan Pramuka Ikuti Gladi Tangguh Ubaloka

Puluhan Pramuka Ikuti Gladi Tangguh Ubaloka

PRAMUKANEWS.COM, SLAWI | Sebanyak 47 anggota Pramuka dari gugus depan (gudep) SMA/SMK/perguruan tinggi, satuan karya dan kwartir ranting mengikuti kegiatan Geladi Tangguh Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka).

 

Kegiatan berlangsung selama 5 hari sejak Rabu-Minggu (10-14/5) di Sanggar Pramuka dan lokasi lain di Kabupaten Tegal.

 

Ketua Kwarcab Pramuka Tegal, Widodo Joko Mulyono melalui Wakil Ketua Kwarcab Agus Subagyo mengatakan, geladi tangguh tersebut bertujuan untuk memberi pembekalan bagi anggota pramuka penegak dan pandega supaya dapat memberi pertolongan bagi korban kecelakaan dan bencana alam.

 

“Dalam kegiatan tersebut peserta diberi pelatihan mengenai teori dan praktik penanganan gawat darurat, SAR, pemadaman kebakaran, kesamaptaan dan perjalanan melintasi Slawi, Pangkah, Waduk Cacaban, Jatinegara, dan Buper Suniarsih, Kecamatan Bojong,”kata dia.

 

Joko menyebutkan, selama ini anggota ubaloka telah berperan dan dalam kegiatan pertolongan terhadap korban bencana alam baik yang terjadi di kabupaten Tegal maupun yang terjadi di luar kota, salah satunya evakuasi korban banjir di Brebes.

 

Ketua DKC Septi Kusuma menjelaskan, geladi tangguh ubaloka merupakan salah satu pelatihan yang diharapkan mampu menyiapkan dan membekali para Pramuka sebagai tenaga sukarela yang profesional, berkualitas, mempunyai kredibilitas yang tinggi dan mampu mengemban amanat Gerakan Pramuka, serta mampu menjadi pionir pembangunan bangsa.

 

Dia menambahkan, pelatihan diisi dengan pemberian beragam materi baik teori maupun praktik langsung oleh instruktur dari instansi terkait.

 

Diantaranya Turjawali, First Aids, Searh And Rescue, teknik survival, dinamika kelompok, komunikasi, navigasi darat, mounteinering, fire protection, Pramuka Peduli, penyelamatan di air,  dapur umum dan manajemen posko bencana.

 

“Instruktur dan pelatih berasal dari PMI Cabang Tegal, Polres Tegal, Yon Zipur, Unit Damkar Satpol PP, Gallawi Rescue, Tagana Dinsos, Pramuka Peduli, Ubaloka daerah dan kwartir cabang,” paparnya (Hasan)

Top