You are here
Home > Berita Cabang > 30 Pramuka Jadi Kader Pembangunan Kesehatan

30 Pramuka Jadi Kader Pembangunan Kesehatan

PRAMUKANEWS.COM, SLAWI | Sebanyak 30 anggota Saka Pramuka Bakti Husada binaan Puskesmas Bumijawa Kabupaten Tegal Minggu (16/4). Pelantikan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Bumijawa Bejo Utomo, SKM.MKes di obyek wisata Kedung Simadu Desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa. Mereka terdiri dari siswa – siswi SMK Negeri 1 Bumijawa dan SMK Arrizqo Gunung Agung.

Dalam sambutannya, Bejo Utomo mengemukakan, salah satu upaya yang dilakukan Satuan Karya Bakti Husada adalah membentuk tenaga kader pembangunan kesehatan. Kader inilah nantinya yang ikut membantu petugas kesehatan khususnya puskesmas yang merupakan ujung tombak pembangunan kesehatan di wilayahnya masing masing.

“Saka Bakti Husada adalah Satuan Karya dari gerakan pramuka yang anggotanya dibekali dengan berbagai keterampilan dan kecakapan dibidang kesehatan, sehingga pada saat anggota Pramuka mengikuti Saka Bakti Husada maka sekaligus menjadi kader pembangunan Kesehatan,” ujarnya

Menurut Bejo, keberadaan anggota Saka Bakti Husada ini bisa membantu memantau beberapa penyakit rakyat yg masih banyak di masyarakat seperti Tuberkulosa paru, HIV, gizi buruk, atau Demam Berdarah.

“Sebagai contoh diwilayah Bumijawa pada tahun 2016 ditemukan 50 kasus TBC paru dan 14 TBC kelenjar,” papar Bejo Sementara itu, lanjutnya, kasus HIV sampai bulan Maret 2017 terdeteksi 20 kasus. “Beberapa orang ada yang mau diobati tapi ada juga yg menolak, bahkan ‘loss contact’,” ungkapnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr.H Hendadi Setiadji selaku Ketua Mabisaka Bakti Husada dalam sambutannya menyambut gembira dengan dilantiknya kader-kader kesehatan lewat jalur kepramukaan ini. “Semoga para pramuka ini setelah mendapat materi pelajaran dari puskesmas bisa berperan pula di Posyandu,” tutur dr.Hendadi.

Hendadi berharap, Pramuka Saka Bakti Husada siap menjadi kader kesehatan yang siap menyebarluaskan Perilaku kesehatan di masyarakat, terutama dilingkungan sebaya, teman sekolah atau lingkungan keluarga dirumah.

“Anggota saka bakti husada merupakan bagian kader kesehatan diantara kader-kader kesehatan lainnya, yang selalu tulus ikhlas membantu pembangunan kesehatan dilingkungan masing-masing sesuai dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki,” pungkasnya. (Has@n)

Top