You are here
Home > Berita Cabang > Pramuka Banyumas Terlibat Gerakan Bersih Sungai

Pramuka Banyumas Terlibat Gerakan Bersih Sungai

PRAMUKANEWS.COM | PURWOKERTO : Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia, Jumat (7/4) pagi anggota Pramuka Banyumas bersama ratusan warga dari berbagai elemen membersihkan Sungai Kranji, Purwokerto. Pembersihan difokuskan pada bagian bantaran sungai sepanjang kurang lebih 3 km.

Kegiatan itu diikuti perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Pemkab Banyumas, Polres Banyumas, Kodim 0701, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyumas, Forum Masyarakat Peduli Sungai, pelajar dan berbagai komunitas serta organisasi yang peduli lingkungan.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, mengatakan kondisi sungai di wilayah perkotaan relatif baik, karena telah dipasang saringan sampah pada beberapa titik. Dan setiap minggu sampah sampah yang tersankut diambil sehingga kualitas air sungai masih di bawah ambang batas yang ditentukan.

“Kondisi sungai terus dijaga kualitas airnya. Selain melakukan sosialisasi, juga semakin meningkatnya kesadaran masyarakat. Kualitas air ini juga bisa dilihat dari seberapa jauh mendapatkan pengahrgaan Adipura. Banyumas sudah mendapatkan tiga kali. Salah satu penilaian Adipura adalah kualitas air sungai. Hari ini kami fokuskan membersihkan area bantaran sungai,” katanya.

Pengurus DKC Dicky mengatakan pihaknya menurunkan anggotanya dari Ubaloka, Pasukan Tunas Muda dan Pramuka SMP N 1 Purwokerto. Tim yang turun di kegiatan ini menurut Dicky terbilang sedikit, karena sebagian anggota Ubaloka turun menangani bencana di beberapa tempat.

“Kegiatan ini sangat positif karena merupakan implemantasi dasa darma kedua,” katanya.

Parsito

Top