You are here
Home > Berita Cabang > PRAMUKA PEDULI BANYUMAS BANTU BEDAH 2 RUMAH

PRAMUKA PEDULI BANYUMAS BANTU BEDAH 2 RUMAH

PRAMUKANEWS.COM-PURWOKERTO : Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Minggu (2/4) bersama unsur Lintas Komunitas, melakukan bedah rumah milik Mbah Nawin alamat Grumbul Munggangsari RT 02 RW 03 Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden. Kegiatan bedah rumah difasilitasi full oleh Cak Budi, Pengerjaan dilakukan bersama – sama oleh Tagana Banyumas, BAZNAS Banyumas, KORAMIL Baturraden, Purwokerto Undercover, CIBER, BAWOR, Group Komunitas GruP, KNP, PAWONMAS, KOWBASS, Saka Bina Sosial Banyumas, Ambalan Pandawa Srikandi Gugus Depan SMA Negeri 1 Purwokerto dan warga sekitar.

Mbah Nawin selama ini hidup di dalam gubug dengan luas lebih kurang 3 x 3 meter menumpang pada lahan milik orang lain. Hal inilah yang menyebabkan bantuan dari pihak – pihak peduli kaum dhuafa cepat bergerak untuk membantu kehidupan Mbah Nawin agar mendapat tempat tinggal yang layak.

Oleh karena itu Satuan Tugas Pramuka Peduli yang merupakan bagian dari Kwartir Cabang Banyumas, setelah mendapat informasi adanya kegiatan bedah rumah, turut serta ambil bagian pada kegiatan ini bersama unsur dengan Satuan Karya Bina Sosial.

“Ini merupakan salah satu ujud kepedulian Anggota Pramuka untuk ikut serta membangun masyarakat. Meskipun kami baru bisa membantu dalam hal tenaga dan sembako, namun semoga hal ini menjadikan Pramuka tidak hanya dipandang sebelah mata oleh Masyarakat. Tidak hanya melihat bahwa Pramuka itu aktivitasnya hanya untuk internal kita, namun bisa berinterksi langsung di masyarakat, lebih khususnya kami bisa bermitra dengan Lintas Komunitas Peduli Kaum Dhuafa, sehingga kami dapat banyak pembelajaran bersama dengan beliau – beliau yang memang konsen terhadap hal ini” ungkap Kak Ari Pringgo Aji, S.Si., M.Si selaku Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli di tengah – tengah proses pembuatan rumah.

“Hari ini kami Tim TAGANA dan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas tidak hanya membuat rumah di Karangsalam ini, namun hari ini kami juga membangun rumah untuk Bapak Suyatno (35 th) alamat RT 03 RW 03 Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang. Beliau mengalami penyakit kulit, jalannya juga susah dan tinggal di gubug sama persis yang dialami oleh Mbah Nawin. Sehingga hari ini kami harus berbagi personil untuk melakukan proses pembuatan rumah untuk Mbah Nawin dan Pak Suyatno” ungkap Komandan TAGANA H. Ady Candra.

Proses pembangunan rumah Mbah Nawin hingga siang hari selesai dilaksanakan berkat kerjasama dan kekompakan relawan, sehingga rumah Mbah Nawin sudah dapat dihuni langsung, sedangkan gubug lama dibiarkan berdiri yang rencananya untuk dipakai kandang ayam. Sedangkan proses pembangunan rumah Pak Suyatno belum rampung dilaksanakan karena menunggu plester / lantai bagian bawah kering.

Sore harinya bantuan paket Sembako juga turut dikirimkan oleh Ambalan Pandawa – Srikandi Gugus Depan SMA Negeri 1 Purwokerto untuk Mbah Nawin dan Pak Suyatno yang diterima langsung oleh Mbah Nawin, dan untuk Pak Suyatno diterimakan oleh Ketua RT setempat.

Parsito : Sumber Heriana Adi Candra

Top