You are here
Home > Uncategorized > KWARCAB SRAGEN STUDY BANDING KE KWARCAB BANYUMAS

KWARCAB SRAGEN STUDY BANDING KE KWARCAB BANYUMAS

PRAMUKANEWS.COM| BANYUMAS : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas menerima kunjungan dari Kwarcab Sragen, Kamis (30/3) di Aula Sanggar Bakti Pramuka Banyumas. Kedatangan rombongan dipimpin Ketua Kwarcab Sragen yang juga Wakil Bupati, Dedy Endriyatno. Rombongan terdiri atas pimpinan kwarcab, andalan cabang dan Dewan Kerja Cabang DKC. Mereka diterima sejumah Pengurus Kwarcab Banyumas.
Dedy Endriyatno, mengatakan selain silaturrahmi, kunjungannya juga ingin bercermin dalam pengelolaan Gerakan Pramuka. Karena dari referensi yang diterima oleh semua pengurus semua meminta berkunjung ke Banyumas.

“Karena ingin bercermin, akan kami dapatkan kekurangan yang ada pada diri kami untuk berbenah dan memperbaiki kekurangan yang ada,” kata Dedy

Dedi yakin Kwarcab Banyumas menjadi cermin yang baik, karena selain karena prestasi, juga inovasi yang dilaksanakan di Kwarcab Banyumas selalu menarik bagi kami.

“Kami pengurus yang baru saja dilantik, untuk mengawali langkah kami harus mengetahui potensi dan kekurangan kami” kata Dedi

Ketua Dewan Kehormatan yang juga mantan Ketua Kwarcab Banyumas, Didi Rudwianto, menjadi pememinpin penerimaan kunjungan. Selain mengucapkan selamat datang, Didi menyampaikan paparan seputar Kwarcab Banyumas melalui dokumentasi video.

Kwarcab Banyumas, memang telah mencatatkan prestasi tergiat sampai ke 29 kali di Kwarda 11 Jawa Tengah. Hal itu didukung oleh keaktifan pengurus, dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan administrasi kepramukaan.

“Selain itu kami juga mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab). Bapak Bupati sebagai ketua kwarcab selalu memberi dukungan baik material maupun sppritual untuk pengembangan dan kemjuan kwarcab Banyumas,” kata Didi

Pestasi menurut Didi bukan tujuan akhir kami, tetapi kami selalu ingin tampil maksimal, tatkala Kwarcab lain meniru kegiatan kita, kita sudah ada kreasi dan inovasi kegiatan lainya, sehingga berusaha selalu didepan.

Didi juga menjelaskan kekuatan Kwarcab juga didukung oleh kuatnya Dewan kerja Cabang (DKC). DKC Banyumas selain mendidik pramuka penegak dan pandega, mempunyai unit khusus antara lain Pasukan Tunas Muda (PTM), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) dan Unit Jurnalistik.

“PTM Banyumas selevel dengan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), baik pendidikan maupun tugas sama persis, bedanya paskibra pengibar bendera HUT RI sedangkan PTM untuk Hari Pramuka,” jelas Didi

Parsito

One thought on “KWARCAB SRAGEN STUDY BANDING KE KWARCAB BANYUMAS

Top