You are here
Home > Berita Cabang > LKBB KEMBANGKAN JIWA KEPEMIMPINAN

LKBB KEMBANGKAN JIWA KEPEMIMPINAN

PRAMUKANEWS.COM | SLAWI – Dalam rangka memberikan wadah pembinaan Pramuka Penegak dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan dan ketrampilannya, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) menggelar ajang bergengsi yang bertajuk Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB). Kegiatan bertempat di pelataran STIKes Bhamada Slawi, Minggu (19/3)

 

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Sonhaji S.Pd mengatakan, LKBB merupakan salah satu media yang strategis bagi generasi muda dalam mengembangkan kepemimpinan dan kerjasama, sekaligus memperluas wawasan anggota muda Pramuka khususnya usia Penegak / Pandega.

 

“Selain dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, LKBB menjadi salah satu media yang tepat untuk melatih kepemimpinan, kepribadian sikap dan perilaku peserta didik,” katanya mewakili Ketua Kwarcab Tegal.

 

Dirinya berharap, para Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus, pembina Gugusdepan (Gudep) dan stakholder terkait senantiasa terus memfasilitasi, mendukung dan membantu keberlangsungan pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka.

 

“Saya yakin revitalisasi Gerakan Pramuka tidak akan berhasil tanpa kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas, serta dukungan seluruh masyarakat dan komponen bangsa ini. Untuk itu, mewakili Kwartir Cabang saya menyampaikan terimakasih atas peranserta dan kerjasama para Ketua Mabigus dan Pembina Gudep,” tandasnya.

 

Ketua DKC Tegal, Septi Kusuma Putri,S.Pd melalui Ketua Panitia kegiatan, Sari Sekar Ayu menjelaskan ajang LKBB menitikberatkan pada penanaman kedisiplinan dan jiwa sportifitas Pramuka Penegak dalam upaya pengamalan Satya dan Dharma Pramuka. Selain itu juga untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam bidang Baris Berbaris (PBB).

 

“LKBB diikuti oleh 18 kelompok dari pangkalan SLTA sederaja se Kabupaten Tegal. Dimana tiap kelompok beranggotakan 16 orang yang terdiri 8 anggota Penegak putra dan 8 anggota Penegak putri, termasuk didalamya Pemimpin Barisan,” jelasnya

 

Ayu melanjutkan, materi penilaian terdiri beberapa aspek diantaranya gerakan meliputi gerakan dasar ditempat, berjalan dan perubahan arah; unsur kerapihan dan disiplin dan pemimpin barisan serta variasi gerakan.

 

“Ini merupakan kali ketiga digelar LKBB oleh Kwartir Cabang Tegal melalui Dewan Kerja dan kita rencanakan digelar rutin pada tahun mendatang. Untuk Juri kita datangkan langsung dari Brigif 4 Dewaratana Slawi dan Polres Tegal Kota,” imbuhnya

 

Kegiatan LKBB berlangsung meriah, hal terlihat dari beberapa kontingen yang membawa suporter guna memberikan dukungan dan yel – yel penyemangat dalam perlombaan.

 

Turut hadir Waka Kwarcab Bidang Binawasa, Elliya Hidayah,S.IP, Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd, Pengurus Kwarcab Tegal, DKC, Ubaloka dan ratusan Pramuka Penegakdan Pembina Pendamping. (Has@n)

Top